Darul Ulum Deoband Bukan Wahabi

DARUL ULUM DEOBAND BUKAN WAHABI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Menyebut madrasah Darululum Deoband sebagai agen kaki tangan taimiyyun benua India sungguh salah alamat. Sedikit aku bagi cerita, corak madrasah ahli hadis di India berkiblat pada 2 kubu besar.

√Pertama ahli hadis Hanafiyyah, muhaddisin Hanafiyyah ini bermuara pada 3 ulama hadis Hanafiyyah legendaris, mereka adalah Maulana Muhammad Qosim Nanoutwi, Maulana Rasyid Ahmad Ganggohi dan Maulana Ahmad Ali saharanfur, ketiga nama di atas berasal dari guru yang sama yaitu Maulana abdulghani bin Abi Sa'id almujaddidi alhanafi.

Qosim Nanoutwi dan Rasyid Ahmad bekerja sama merilis pembangunan Alazharnya India yaitu madrasah Darul Ulum Deoband. Mullah Umar pimpinan Mujahidin taliban salah satu ulama beraliran Deoband.

Sedangkan Ahmad Ali saharanfur mendirikan madrasah Mazahirululum saharanfur, kelak melahirkan Syaikhul hadis Maulana Zakarya alkandahlawi penulis Fadilah amal, buku bacaan wajib JT.

Bisa di bilang rata rata ahli hadis Hanafiyyah yang bertebaran di seluruh Hindustan saat ini seperti India, Pakistan, Bangladesh, afganistan hampir semua bermuara dari dua madrasah besar itu, mereka semuanya adalah Aswaja bermazhab fiqih Hanafi, dan berteologi Maturidi, adapun sumber tarekat sufi mereka berbeda beda.

$ads={1}

√Kedua, ahli hadis benua India bercorak taimiyyun, alias penyambung lidah Ibnu Taimiyah di negri Bollywood tersebut, ciri khas madrasah hadis ini cenderung meletakkan hadis nabi di porsi terdepan, lebih tepatnya tidak bermazhab, kontras sebagai simbol perlawanan terhadap ahli hadis Hanafi Deoband dan Saharanfur.

Tokoh utama ahli hadis lawan hanafiyyah ini adalah Sayyid Siddiq Hasan Khan Alqinauji dan Sayyid Nazir Husain muhaddis dahlawi.

Dari tangan mereka lahirlah pakar hadis bergenre taimiyyun, diantaranya Syaikh abu Toyyib Muhammad Syamsulhaq Azhim Alabadi penulis Aunulmabud Syarah sunan abu Daud, baca Syarah anulmabud siap siap telinga Aswaja kepanasan, diantara jebolan ahli hadis non bermazhab lainnya adalah Syaikh abulala Abdurrahman almubarokfuri penulis Tuhfatulahwazi Syarah tirmizi, dua Syarah itu bacaan rutinku tiap hari semasa talaqqi hadis selama 2 tahun.

Nah sekarang tinggal simpulkan sendiri,  kitab hadis di tangan antum iramanya kemana?

Jika kental membicarakan tarjeh Hanafi berarti mereka beraliran Deoband atau Saharanfur, dan apabila dikit dikit tarjeh hadis tanpa berkiblat Mazhab bisa di pastikan mereka bersaudara dengan Siddiq Hasan Khan Alqinauji.

Oleh: Mhizqil Iqozhimamb

Demikian Artikel " Darul Ulum Deoband Bukan Wahabi "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close