Sekilas Mengenal Peradaban Islam

SEKILAS MENGENAL PERADABAN ISLAM

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Sebagian orang ada yang bawaannya sinis dan skeptis  kalau ada yang menceritakan tentang gemilangnya sejarah Islam di masa lalu. 

"Alah, di masa para sahabat saja terjadi perang Shifin dan Jamal." Atau "Pemimpin Islam pada masa itu juga banyak yang dzalim." Dan beberapa kalimat lain yang semisal.

Memang benar, pernah ada darah yang tertumpah di antara sesama kaum muslimin, dan itu jelas hal yang sangat disesalkan. Tetapi melihat dan menilai sejarah Islam hanya dari perang saudara yang terjadi, atau saat kejatuhannya, itu jelas bentuk keculasan dalam membaca sejarah.

Adanya masa - masa kejatuhan dan hal yang tidak sedap dalam rentang sejarah peradaban yang berusia seribu tahun lebih itu tentu hal yang wajar dan manusiawi. Bacalah sejarah peradaban manapun, maka pasti akan kita dapati hal yang sama, bahkan jauh lebih parah dan mengenaskan.

$ads={1}

Berapa lama sih peradaban Romawi, Persia atau dinasti -dinasti China ataupun Mesir kuno ? Dan seberapa luas cakupannya jika dibandingkan dengan wilayah yang telah dibangun oleh umat Islam ?

Apalagi jika dibandingkan dengan sejarah yang dianggap era modern dan dibangga-banggakan hari ini seperti Amerika, dan beberapa negara Eropa. Wilayah cuma sak oplek, umurnya juga baru beberapa tahun, tapi catatan sejarahnya sudah penuh dengan kejahatan dan kejatuhan.

Wilayah kaum muslimin pada masa Daulah Umawiyah saja, itu sudah seluas 13.400.000 km², yang hari ini mencakup 46 negara.

Apalagi kekhalifahan terakhir, Utsmaniyah yang telah mencapai 20.000.000 km2, membentang dari Afghanistan hingga ujung wilayah benua Afrika.

Peradaban dengan luas wilayah sebesar itu yang berlangsung hampir 1.300 tahun, sangat wajar kalau mengalami pasang surut di sebagian wilayahnya atau di masa tertentu dari usianya.

Sejarah kaum muslimin adalah sejarah manusia, bukan malaikat. Sebaik apapun tatanan kehidupan mereka dan sebanyak apapun orang baiknya, tetaplah masyarakatnya adalah kumpulan makhluk yang tidak ma'shum. Ada ambisi, ada kebencian dan juga tentu tidak akan sepi dari hawa nafsu.

Namun yang membedakan dengan peradaban lainnya, setiap kali kaum muslimin mengalami kemunduran atau kejatuhan, mereka selalu bisa bangkit kembali dan bahkan membangun dengan lebih pesat lagi.

Ketika bala tentara Tatar membumi hanguskan pusat kekhalifahan muslimin di Baghdad, lalu meneruskan dengan aksi pembantaian di beberapa wilayah lainnya, saat itu banyak yang mengira sejarah kaum muslimin telah berakhir. 

Namun ternyata hanya berselang 8 bulan setelah pembantaian di Damaskus, kemenangan besar umat Islam dalam perang Ainun Jalut berhasil di raih !

Saat daulah sangat maju kaum muslimin di barat runtuh, tak lama lahirlah kekhalifahan Turki Utsmani di timur dengan peradabannya yang lebih maju.

Pasang surutnya sejarah kaum muslimin, justru menunjukkan betapa luar biasanya peradaban umat ini. Mereka menghadapi tantangan lintas zaman, bangsa dan generasi, namun selalu punya cara untuk tumbuh dan besar.

Lalu lihatlah kita hari ini, peradaban mana yang hendak kita banggakan ???

Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq

Demikian Artikel " Sekilas Mengenal Peradaban Islam "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close