Kalimatul Haq Alaiha Nahya; Bacaan Seusai Kalimat Tahlil

KALIMATUL HAQ ALAIHA NAHYA; BACAAN SEUSAI KALIMAT TAHLIL

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Tahlil merupakan salah satu kalimat pujian kepada Allah SWT yang memiliki keagungan yang luar biasa. Kalimat tahlil ( اَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ) menjadi salah satu amalan yang banyak diajarkan oleh para ulama salaf dan kontemporer saat ini.

Karena keagungannya, Kalimat tahlil menjadi tradisi yang selalu diamalkan oleh warga Nahdliyin dan para habaib disetiap malam jum'at (red. Tahlilan).

Baca Juga: Tahlilan dalam Pandangan Syariat

Redaksi kalimat tahlil umumnya اَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ yang artinya 'tidak ada tuhan selain Allah'. Namun banyak redaksi-redaksi kalimat tahlil lainnya seperti yang diriwayatkan oleh Imam Abu dawud, Ibnu Majah dan Ahmad Radhiyallahu 'anhum:

لاَ إِلٰهَ إِلاَّ ﷲ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

lailahaillallah wahdahula syarikalah lahul mulku walahul hamdu wahuwa ala kulli syai-in qadir

Artinya: Tidak ada illah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian. Dialah yang berkuasa atas segala sesuatu. "

[HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad]

$ads={1}

Kita sering mendengar kalimat setelah bacaan tahlil setelah dzikir ataupun tahlilan yakni 'Kalimatul Haq Alaiha Nahya....'. Kalimat tersebut merupakan kalimat 'doa'.

Berikut redaksi lengkapnya:

Laa ilaaha illallahu muhammadur rasuulullahi shallallahu ‘alaihi wasallam, kalimatu haqqin ‘alaihaa nahyaa, wa’alaihaa namuutu wabihaa nub’atsu insyaa allahu ta'alaa minal aamiin.

Arti Kalimatul Haq Alaiha Nahya

kalimatu haqqin ‘alaihaa nahyaa, wa’alaihaa namuutu wabihaa nub’atsu insyaa allahu ta'alaa minal aamiin.

artinya: Kalimat (ini) Haq, diatasnya kita hidup, dan atas kalimat ini kita mati, dan dengan kalimat ini kita dibangkitkan, Insya Allah, di antara orang-orang beriman.

Bagi yang ingin membaca wirid seusai shalat seperti di mushola-mushola dan masjid-masjid yang sering kita dengar bisa kunjungi artikel berikut (Baca juga: Bacaan Wirid (Dzikir) Setelah Sholat Fardhu Ala NU). Insya Allah bacaannya lengkap dan silahkan dihafalkan agar bisa diamalkan sendiri seusai shalat.

Demikian Artikel " Kalimatul Haq Alaiha Nahya; Bacaan Seusai Kalimat Tahlil "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close