Akibat Durhaka Kepada Orang Tua dan Kisah Firaun

AKIBAT ANAK DURHAKA KEPADA ORANG TUA DAN KISAH FIRAUN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Ada yang bertanya : Benarkah Fir'aun ditunda kematiannya sekian waktu oleh Allah karena dia termasuk anak yang berbakti kepada ibunya ? 

Saya belum pernah mendapatkan riwayatnya. Kalau toh ada saya yakin sumbernya pasti qila wa qala (katanya dan katanya). Dan rasanya itu kecil kemungkinannya. Justru yang terjadi malah sebaliknya, boleh jadi Fir'aun itu anak yang durhaka kepada ibu bapaknya.

Karena ia dikenal sebagai sosok yang sangat kejam, bengis, pengumbar hawa nafsu, tak kenal belas kasihan dan sombongnya tidak ketulungan hingga mengaku menjadi Tuhan. 

Loh, apa kaitannya itu semua dengan kedurhakaan kepada orang tua ?

Sangat berkaitan, ketika menjelaskan firman Allah di Surah Maryam ayat 14 :

Ùˆَبَرًّا بِÙˆَالِدَÙŠْÙ‡ِ ÙˆَÙ„َÙ…ْ ÙŠَÙƒُÙ† جَبَّارًا عَصِÙŠًّا

"Dan dia (Yahya) sangat berbakti kepada ibu bapaknya, dan dia bukan orang yang sombong lagi pemaksiat."

Para ulama mengatakan : "Sebagaimana bakti kepada orang tua akan menjadikan hati seseorang itu lembut dan terjaga dari maksiat besar, maka anak yang durhaka kepada ibu bapaknya perilakunya akan menjadi kasar, kejam, sombong dan bergelimang kemaksiatan."

$ads={1}

Subhanallah. Dan memang, dari berbagai keterangan kita dapati fakta unik bahwa "Amal-amal" dalam hubungan darah itu akan saling berpengaruh. Seperti :

1. Keshalihan orang tua akan membekas dan mempengaruhi keshalihan anak bahkan hingga tujuh turunan.

2. Jika seseorang berbakti kepada ibu bapaknya, maka anak-anaknya kelak juga akan dimudahkan untuk berbakti kepadanya.

3. Dan penjelasan di atas bahwa bakti seseorang kepada orang tua, juga akan mempengaruhi sisi keshalihan dirinya. Sebagaimana kedurhakaannya kepada orang tua, juga akan menyebabkan kerusakan dirinya.

Sehingga sebagai bahan intopeksi : Jika merasa diri begitu keras, bengis, susah menerima nasehat dan mudah terjerumus kepada dosa, segeralah perbaiki hubungan kita dengan orang tua.....

Wallahu a'lam.

Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq 

Demikian Artikel " Akibat Durhaka Kepada Orang Tua dan Kisah Firaun "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close