Perbedaan Ceramah, Dakwah dan Ngaji

PERBEDAAN CERAMAH, DAKWAH DAN NGAJI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Ceramah, ngaji dan dakwah itu bisa jadi merupakan aktivitas yang berbeda. Kita bahas satu-satu.

DAKWAH

Dakwah adalah aktivitas mengajak orang lain untuk mengamalkan ajaran Islam atau membangun kesadaran terhadap ajaran agama. Dakwah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Secara umum, dakwah dibagi menjadi dakwah bil lisan (dengan ucapan) dan dakwah bil hal (dengan perbuatan atau sikap). Bekerja bisa mempunyai makna dakwah jika di dalam bekerja ditunjukkan sikap profesional, amanah dan berorientasi kepada kemanfaatan. Berdagang juga bisa memuat makna dakwah jika dilakukan dengan jujur, amanah dan memuaskan konsumen. 

Dakwah memang tidak berorientasi kepada upah. Karena fokus dakwah adalah terbangunnya kesadaran. Bagaimana mungkin anda mengajak orang sholat, lalu anda meminta upah dari ajakan yang anda lakukan? Jelas tidak mungkin...

NGAJI

Terambil dari kata "kaji", yaitu mendalami suatu pengetahuan dengan keahlian yang dimiliki. Aktivitas ngaji dilakukan oleh mereka yang mempunyai kesadaran tinggi di dalam beragama. Kegiatan "ngaji" dibimbing seorang guru yang dianggap layak dan mampu untuk mengajar. Kelayakan (feasibility) itu patokannya adalah keahlian yang dimiliki, pengalaman belajar dan kesaksian dari orang-orang yang ahli. Untuk mendapat keahlian itu, seorang guru harus melalui serangkaian proses belajar yang lumayan panjang. Tentu banyak pengorbanan yang dikeluarkan, mulai dari membeli kitab, mengeluarkan biaya perjalanan, dan membalas jasa guru pengajar sesuai dengan kemampuannya. Orang yang mengajar ngaji boleh menerima pemberian uang dari murid yang diajarnya. Jika artis yang membawakan lagu dibayar karena pengorbanan biaya yang dikeluarkannya, seorang guru ngaji pun pantas dibayar sesuai dengan pengorbanan yang dikeluarkannya. Tapi, dalam hal ini, masyarakat menganggap bahwa mengajarkan ilmu agama itu harus ikhlas, dalam arti tidak usah dibayar. Masyarakat lupa bahwa guru-guru ngaji itu juga manusia yang butuh makan, pakaian dan tempat tinggal. Mereka bukan malaikat yang hanya membutuhkan ucapan tasbih dan tahmid. 

$ads={1}

CERAMAH

Ceramah adalah aktivitas menyampaikan gagasan di muka publik dengan tujuan; sosialisasi, membangun persepsi, atau menghibur. Ceramah berbeda dari ngaji, walaupun ada ceramah yang materinya adalah materi pengajian. Seorang penceramah tidak dituntut punya banyak ilmu. Karena yang terpenting dari ceramah adalah tersampaikannya pesan atau terbentuknya opini publik. Sehingga seorang penceramah hanya dituntut mampu menunjukkan kemampuan komunikasinya. Maka dari itu, ada muallaf, artis dan bahkan pelawak yang menjadi penceramah agama. 

Sebagai sebuah kegiatan komunikasi, aktivitas ceramah bisa dianggap sebagai profesi. Maka dari itu, bisa dilihat seorang penceramah meminta bayaran tinggi, karena ia yakin ceramahnya bisa mempengaruhi persepsi publik.

Oleh: KH. Abdi Kurnia Djohan

Demikian Artikel " Perbedaan Ceramah, Dakwah dan Ngaji "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close