Cara Mengamalkan Wirid Al Fatihah 100 Kali dan Khasiatnya

CARA MENGAMALKAN WIRID AL FATIHAH 100 KALI DAN KHASIATNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Suratul Fatihah memiliki keutamaan dan keagungan yang luar biasa dibandingkan surat-surat Al Qur'an lainnya. Oleh karena itu, Suratul Fatihah menjadi surat pembuka sekaligus penutup ketika di acara majelis ilmu, dzikir, sholawatan dan acara lainnya. Suratul fatihah juga menjadi rukun utama dalam shalat (yang jika tidak membacanya maka batal shalatnya). Hal ini dikarenakan keberkahan dan keutamaannya yang sangat luar biasa.

Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam menyebutkan bahwa Suratul fatihah merupakan ayat Al-Qur'an paling mulia diantara surat-surat lainnya, Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

“Alhamdulillah rabbil ‘alamin, adalah tujuh surat terbesar yang berisi pujian dan terus diulang, intisari dari Al Quran yang mulia yang diturunkan kepadaku”. Dan dijelaskan pula dalam Hadits Riwayat An-Nasaai bahwa, Rasulullah SAW bersabda: “Maukah engkau aku beritahu tentang ayat Al Quran yang paling mulia, maka beliau membaca surat Al Fatihah”. (HR. Imam Bukhori)

Selain itu, Suratul Fatihah disebutkan sebagai 1 dari 2 cahaya, Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

“Bergembiralah dengan dua cahaya yang diberikan kepadamu, yang tidak diberikan kepada Nabi sebelummu, yaitu surat Al Fatihah dan dua ayat penutup surat Al Baqarah",  (HR. Muslim)

$ads={1} 

Banyak para alim ulama yang merasakan khasiat ketika mengamalkan suratul fatihah secara rutin dengan bilangan-bilangan tertentu. Ada yang mengamalkan ketika shalat fardhu dengan bilangan 7 kali adapula yang mengamalkan 100 kali dalam sehari.

Banyak ulama besar dan wali-wali Allah mengamalkan suratul fatihah 100 kali, salah satu yang mengamalkan ulama besar mazhab syafi'iyyah yaitu Hujjatul Islam Imam Ghazali Ra yang termaktub dalam kitabnya Ihya Ulumuddin. Ia menulis salah satu amalan di dalam kitabnya yakni wirid suratul fatihah 100 kali.

Baca juga: Amalan Agar Awet Muda dan Wajah terlihat Glowing

Khasiat (Manfaat) Mengamalkan Wirid Al-Fatihah 100 kali

Banyak sekali fadilah dan manfaat ketika membaca Wirid Al Fatihah 100 kali. Selain itu banyak keajaiban yang dapat dirasakan jika mengamalkan secara istiqomah.

Adapun beberapa khasiat yang dapat dirasakan bagi orang yang mengamalkan wirid fatihah ini secara istiqomah diantaranya yaitu terlindung dari orang dzalim, menangkal sihir, dikabulkannya segala hajat yang baik, mendapatkan rezeki ketika sedang dalam kesulitan, memperbagus perilaku dan dimudahkannya dalam memahami ilmu. Dalam mengamalkan wirid ini, sebenarnya setiap orang merasakan khasiatnya berbeda-bedan, ada yang hanya sebagian, adapula yang semua, tergantung kebutuhan jiwa/keadaan kita saat mengamalkannya.

Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur, pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan - Jawa Timur salah satu yang mengamakan wirid fatihah 100 kali. Beliau telah merasakan khasiatnya, antara lain kesuksesan berkah amalan wirid ini.

Kyai Ghofur merupakan seorang kyai yang kaya raya, beliau selalu menganjurkan kepada santri-santrinya untuk mengamalkan wirid bismillah 786 kali, Yasin 41 kali atau Suratul Fatihah 100 kali untuk meminta segala hajat yang diingkan agar cepat terkabul berkah aurod tersebut.

Selain Kyai Ghofur, Salah satu wali besar yang mengamalkan wirid fatihah 100 kali yakni Kyai Abdul Hamid Pasuruan, Jawa Timur.

Baca juga: Sholawat 20 Ribu kali Setiap Hari Agar Hajat Terkabul 

Cara Mengamalkan Wirid Al Fatihah Fatihah 100 kali

Dalam mengamalkan wirid fatihah ini, tentu ada beberapa cara-cara yang diajarkan oleh para alim ulama. Jika ingin mendapatkan manfaat/fadilah dari wirid ini amalkan secara istiqomah. Amalan ini tidak memerlukan syarat khusus, namun agar lebih afdhol mesti mendapatkan ijazah langsung dari guru kamu yang mengamalkannya.

Cara mengamalkannya mesti ikhlas lilhaita 'alaa tanpa maksud tujuan-tujuan/niat tertentu, namun baca karena kecintaannya terhadap suratul fatihah ini karena keagungannya.

Kamu bisa mengamalkan wirid ini secara langsung dalam sekali duduk dengan membaca suratul Fatihah 100x, namun jika terasa berat dan tidak bisa dapat dicicil setiap ba'da shalat 5 waktu seperti yang dilakukan oleh Kyai Hamid Pasuruan dan Imam Ghazali.

Baca juga: Ijazah Dzikir Tarekat Sammaniyah oleh Abah Guru Sekumpul

Cara Mengamalkan Wirid Fatihah 100 kali Dengan Cara dicicil

Cara menyicil amalan suratul fatihah 100 kali yaitu:

- Dibaca 30 kali setelah shalat subuh

- Dibaca 25 kali setelah shalat dzuhur

- Dibaca 20 kali setelah shalat asar

- Dibaca 15 setelah shalat maghrib

- Dibaca 10 kali setelah shalat isya

Demikian Cara Mengamalkan Wirid Al Fatihah 100 Kali dan Khasiatnya yang dapat kami informasikan. Silahkan amalkan secara istiqomah untuk mendapatkan manfaat dari wirid ini. Semoga Allah memberikan kita keberkahan berkat Surat Al-Fatihah yang kita amalkan. Aamiin

Demikian Artikel " Cara Mengamalkan Wirid Al Fatihah 100 Kali dan Khasiatnya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama
close