Didikan Imam Taqiyuddin As-Subki Kepada Keluarganya

DIDIKAN IMAM TAQIYUDDIN AS-SUBKI KEPADA KELUARGANYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Di antara bentuk didikan Imam Taqiyuddin As-Subki kepada keluarganya: 

Imam Tajuddin (anak beliau) menceritakan tentang ayahnya, 

"وكان الشيخ الإمام رحمه الله ينهانا عن نوم النصف الثاني من الليل، ويقول لي: يا بني، تَعَوَّد على السهر ولو كنت تلعب!، والويل كل الويل لمن رآه نائما وقد انتصف الليل"

[طبقات الشافعية، ١٠\٢٠٣] 

"Dulu ayah kami melarang kami untuk tidur setelah pertengahan malam, beliau mengatakan, "wahai anakku, biasakan begadang walaupun kamu bermain". Dan alangkah celakanya kalau beliau mendapati dari kami masih tidur di pertengahan malam."

__ 

Imam Taqiyuddin As-Subki selaku ayah, mengambil peran pertama dalam mendidik kesholehan dan keilmuan anak-anaknya, selain memotivasi dan mengajarkan mereka secara langsung, beliau juga mengirim anak-anaknya untuk belajar ke teman-temannya yang juga ulama-ulama besar, seperti Imam Dzahabi, Imam Mizzi, dll. 

Dan tidak sampai di situ, Imam Taqiyyuddin juga aktif melihat perkembangan anak-anaknya. Imam Tajuddin (anak beliau) menceritakan bahwa setiap ia pulang dari halaqah belajar, ayahnya selalu bertanya, "apa yang kamu dapatkan dari Imam Dzahabi?", "apa yang kamu pelajari dari Imam Mizzi?", "apa yang kamu baca?", "apa yang kamu dengar?", dan seterusnya, selalu begitu, seakan ingin memastikan bahwa anak-anaknya memang mengikuti pelajaran. Jadi beliau tidak cuma mengantarkan anak-anaknya mengaji, kemudian berlepas tangan. 

$ads={1} 

Dengan didikan seperti ini dan tentunya juga teladan yang luar biasa dari Imam Taqiyuddin, sangat pantas anak-anak beliau semua jadi bintangnya para ulama. Selain Imam Tajuddin As-Subki, putra beliau yang lain adalah Imam Baha'uddin As-Subky dan Jamaluddiin As-Subki. 

Imam Baha'uddin As-Subki (w. 773 H) ini selain ulama yang ensiklopedis, mengajar dan menulis, beliau juga menjabat sebagai hakim agung negara. 

Imam Jamaluddiin As-Subki (w. 755 H) juga tidak kalah hebat, beliau seorang hakim dan juga mufti. Imam Tajuddin sendiri memuji kekuatan hafalan dan istihdor saudaranya ini. 

Imam Tajuddin As-Subki juga memiliki beberapa saudari perempuan, dan semuanya juga perempuan-perempuan yang sholihah, alimah, dan periwayat-periwayat hadits. Di antaranya adalah Sarah bintu Imam Taqiyuddin As-Subki, Imam Ibnu Hajar Al-Asqolani termasuk dari orang-orang yang mengambil hadits darinya. 

رضي الله تعالى عنهم

__ 

Selalu begitu, jika ada orang yang kita lihat sangat alim, ilmunya berkah, dan produktif, pasti ada hubungannya dengan teladan dan tirakat orang tuanya.

Oleh: Amru Hamdany

Demikian Artikel " Didikan Imam Taqiyuddin As-Subki Kepada Keluarganya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close