Keistimewaan Nabi Muhammad Saw Dan Umatnya

KEISTIMEWAAN NABI MUHAMMAD SAW DAN UMATNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dalam Asy Syifa, diriwayatkan oleh Ibnu Wahb dari Sayyidina Abu Huroiroh RA, Gusti Allah berfirman pada Kanjeng Nabi Muhammad SAW, "Mintalah keistimewaan pada-Ku untukmu, Wahai Nabi!"

Kanjeng Nabi SAW dengan penuh rasa sungkan pada Gusti Allah, menjawab, "Apa yang tersisa untukku, Duh Gusti? Sementara Engkau telah menobatkan Nabi Ibrahim sebagai Sang Kekasih (Al Kholil), Engkau berdialog langsung dengan Nabi Musa, Engkau menjadikan Nabi Nuh Sang Rasul Pertama, Engkau telah menjadikan Nabi Sulaiman sebagai raja yang keagungannya tak tertandingi oleh siapapun"

Maka Gusti Allah pun menyebut guyuran keistimewaan yang banyak pada Kanjeng Nabi Muhammad SAW, "Tidak ada pemberian-Ku kepada para Nabi terdahulu yang bisa menandingi istimewanya pemberian-Ku kepadamu, wahai Muhammad! Aku memberimu telaga Kautsar untuk menolong umatmu di hari kiamat. Aku menyandingkan namamu dengan nama-Ku, yang akan selalu diserukan di kolong langit (adzan). Aku jadikan bumi itu suci untukmu bersuci juga untuk umatmu (tayamum). Aku menjagamu dari dosa dari awal hingga akhir, sehingga kamu berjalan di antara manusia dalam keadaan suci dari dosa, ini tidak pernah Aku berlakukan untuk siapapun. Aku jadikan kitab Al Qur'an tersimpan di hati umatmu (mudah dihafalkan). Aku memberimu kunci hak syafaat, yang tidak pernah Aku berikan kepada Nabi selain kamu,"

$ads={1}

Maka tidak heran, Kanjeng Nabi Muhammad SAW pun dengan pede-nya pernah bersabda tentang keistimewaan Beliau SAW dan umatnya

أُعْطِيتُ خَمْسًا لَمْ يُعْطَهُنَّ أَحَدٌ مِنْ الأَنْبِيَاءِ قَبْلِي: نُصِرْتُ بِالرُّعْبِ مَسِيرَةَ شَهْرٍ، وَجُعِلَتْ لِي الأَرْضُ مَسْجِدًا وَطَهُورًا، وَأَيُّمَا رَجُلٍ مِنْ أُمَّتِي أَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ فَلْيُصَلِّ، وَأُحِلَّتْ لِي الْغَنَائِمُ، وَكَانَ النَّبِيُّ يُبْعَثُ إِلَى قَوْمِهِ خَاصَّةً وَبُعِثْتُ إِلَى النَّاسِ كَافَّةً، وَأُعْطِيتُ الشَّفَاعَةَ.

"Aku diberikan lima perkara yang tidak diberikan kepada seorangpun dari Nabi-Nabi sebelumku: Aku ditolong melawan musuhku dengan ketakutan mereka dari jarak sebulan perjalanan. Bumi dijadikan untukku sebagai tempat sujud dan suci, maka dimana saja seorang laki-laki dari umatku mendapati waktu shalat hendaklah ia shalat. Dihalalkan harta rampasan perang untukku. Para Nabi sebelumku diutus khusus untuk kaumnya sedangkan aku diutus untuk seluruh manusia. Dan aku diberikan hak memberi syafaat"

Jadi kita sebagai umat Kanjeng Nabi Muhammad SAW gak boleh minder, harus pede. Karena Kanjeng Nabi Muhammad SAW sebagai panutan, punya keistimewaan yang tidak dipunyai Nabi umat terdahulu. Dan kita sebagai umatnya pun harus senang bisa berharap syafaat Kanjeng Nabi Muhammad SAW.

Oleh: Fahmi Ali N H

Demikian Artikel " Keistimewaan Nabi Muhammad Saw Dan Umatnya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close