Wirid Bismillah 786 Kali: Cara Mengamalkan, Khasiat dan Doanya

WIRID BISMILLAH 786 KALI: CARA MENGAMALKAN, KHASIAT DAN DOANYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Pada artikel sebelumnya kami telah membagikan tulisan Cara Mengamalkan Wirid Al Fatihah 100 Kali dan Khasiatnya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas salah satu amalan wirid basmalah (ِبِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم) yang insya allah bermanfaat untuk sobat rumah-muslimin sebagai wasilah berbagai macam hajat yang dimiliki.

Bacaan basmalah merupakan amalan yang diperintah oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam ketika setiap memulai aktivitas, seperti yang dijelaskan dalam hadits riwayat Al Khatib. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan 'bismillah', maka amalan tersebut terputus (kurang) keberkahannya." (HR Al Khatib).

Dalam hadits diatas dijelaskan, apabila segala sesuatu perkara/perbuatan yang tidak diawali dengan membaca bismillah maka akan kurang keberkahan yang didapatkan. Oleh sebab itu, kenapa kita mesti awali bacaan bismillah diberbagai aktivitas seperti bangun tidur, makan, keluar rumah, memasak, bekerja dan lainnya, karena salah satu manfaatnya adalah untuk mendapatkan keberkahan atas apa yang kita lakukan.

Maka dari itu, kami akan membahas salah satu amalan bismillah yakni " Tata Cara Mengamalkan Wirid Bismillah 786 Kali Dan Khasiatnya ".

$ads={1}  

Mengenal Bacaan Wirid Bismillah 786 kali

Banyak metode dalam mengamalkan wirid bismillah 786 kali. Namun kali ini kami akan membagikan salah satu metode yang biasa diamalkan oleh kaum muslimin yang mendapatkan Ijazah dari gurunya.

Sebelum masuk ke tata cara mengamalkan, kami akan menjelaskan terlebih dahulu kenapa mesti angka 786? kenapa tidak angka yang lain?

Angka 786 adalah hitungan dari para alim ulama yang ahli untuk jumlah lafadz basmalah berdasarkan hisab jurnal.

Pada dasarnya setiap bacaan wirid tidak ada batasan bilangan tertentu, semakin banyak dibaca semakin baik dan mendapatkan faedah yang lebih banyak.

Hanya saja jika ingin mendapatkan suatu fadilah tercapainya suatu hajat tertentu dari sebuah amalan, maka jumlah hitungan itu mempengaruhi hasilnya.

Ibarat sebuah sepeda, jika seluruh bagian telah dirakit menjadi satu kesatuan namun ada 1 roda yang belum terpasang, otomatis sepeda tersebut tidak bisa dibawa berkendara, begitupun dengan amalan-amalan khusus, Jika ingin mendapatkan khasiat/fadilahnya maka mesti mencapai minimal bilangan tersebut.

Mengenai Fadilah dari aurad 'basmalah' ini sangat besar sekali manfaatnya. Pada zaman dulu, ada orang yang bisa terbang ataupun menghilang ke suatu tempat tertentu hanya dengan sekali kedipan mata dengan mengucap Bismillah.

Lalu apakah ada di zaman sekarang orang yang seperti itu?

Orang zaman dahulu memiliki hati yang benar-benar bersih, mereka menjauhkan dirinya daripada sifat-sifat keduniaan dan ketika mereka mengamalkan suatu wirid/amalan tertentu benar-benar sangat fokus dan mendalami 'makna' bacaan hingga ke dalam hati mereka.

Berbeda dengan keadaan umat muslim saat ini. Dari kecil kita sudah dikenalkan dengan berbagai macam hal keduniaan seperti gadget, komputer dan perangkat lainnya. 

Salah satu ulama yang telah membuktikan khasiat dari wirid bismillah ini yaitu Kiai Ghofur selaku Pengasuh Ponpes Sunan Drajat, Lamongan - Jawa timur. Dari cerita yang ditutur, dirinya pernah berhutang membeli truk 100 unit senilai 60 miliar. Namun hanya dengan 2 tahun dirinya bisa melunasi hutang tersebut berkah wiridan Bismillah 786 kali yang diamalkannya.

“Saya berani berhutang, sekali beli truk 100 buah senilai 60 miliar tapi dalam 2 tahun bisa lunas. Bagaimana doanya ? بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 786 kali, niatnya terang-terangan untuk membayar hutang.” Ucap Kyai Ghofur seperti yang dikutip melalui laman hidayatuna.com

Baca juga: Dzikir Ya Latif: Pengertian, Manfaat dan Cara Mengamalkannya

Khasiat Membaca Bismillah 786 kali

Khasiat mengamalkan aurat bismillah 786 kali adalah tercapainya seluruh hajat yang kita inginkan, tentunya hajat-hajat yang bernilai baik di sisi Allah SWT.

Bagi para wirausahawan (pedagang) yang ingin usaha/dagangannya laku dan mendapatkan pelanggan dianjurkan mengamalkan wirid bismillah ini. Amalan ini juga bisa menjadi benteng diri dari hal-hal yang bersifat batiniyah.

Amalan ini juga bisa diamalkan oleh setiap orang yang memiliki hajat kecil maupun besar yang belum tercapai hingga saat ini.


Tata Cara Mengamalkan Wirid Bismillah 786 kali

Untuk tata cara mengamalkannya kamu dapat amalkan aurad bismillah ini sebanyak 786 kali dalam 1 minggu (sepekan).

Bisa dibaca diwaktu kapanpun asalkan dalam satu waktu dan istiqomah. Misalnya dibaca disetiap ba'da dzuhur (sebanyak 786 kali), maka lakukan hal yang sama di hari ke-2 hingga hari ke-7 pada satu waktu yakni ba'da dzuhur.

$ads={2}  

Saat membaca 'bismillah' pun mesti dengan cara tartil. Harus diperhatikan tajwid, makrojnya dan tidak boleh terburu-buru. Baca dengan batin yang tenang, ikhlas dan diresapi setiap artinya ke dalam hati.

Beberapa ulama menganjurkan untuk memulai amalan ini pada hari selasa dan dibarengi dengan puasa biasa, dengan harapan Allah dapat mengabulkan segala hajat yang kita miliki berkah wasillah wirid Bismillah ini.

Seusai membaca wirid bismillah 786 kali, diakhiri dengan membaca doa kunci bismillah.

Baca juga: Amalan Doa Pelunas Hutang dari Rasulullah SAW kepada Sayyidina Hasan

Doa Kunci Bismillah Arab dan Latin

بسم الله الرحمن الرحيم

اللهم إني اسألك بفضل بسم الله الرحمن الرحيم ، وبحق بسم الله الرحمن الرحيم ، وبهيبة بسم الله الرحمن الرحيم ، وبمنزلة بسم الله الرحمن الرحيم. ، ارفع قدري ويسر امري ، واشرح صدري . يا من هو كهيعص حمعسق الم المص المر حم . الله لا إله إلا هو الحي القيوم بسر الهيبة والقدرة ، وبسر الجبروت والعظمة . احعلني من عبادك المتقين ، واهل طاعتك المحبين ، وافعل لي كذا........ يارب العالمين . وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم.

(Bismillahirrahmaanirrahiim)

Allahumma innii as-aluka bifadhli Bismillaahirrahmaanirrahiim,

wabihaqqi Bismillaahirrahmaanirrahiim,

wabihaibati Bismillaahirrahmaanirrahiim,

wabimanzilati Bismillaahirrahmaanirrahiim,

irfa' qadrii, wayassir amrii, wasyrah shodrii, yaa man huwa,

Kaaf haa yaa 'ain shood, haa miim 'aiin siin qoof, Alif laam miim, Alif laam miim shood, Alif laam miim roo, Haa miim.

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, Bisirril haibati walqudroti, Wa bisirril jabaruuti wal 'adlomati , ij'alnii min 'ibaadikal muttaqiin, wa ahli thoo'atikal muhibbiin.

Waf'al lii .......(sebutkan hajatnya).......

Washollallahu 'alaa Sayyidina Muhammadin wa 'alaa aalihii wa shobihii wasalam.

Demikian pembahasan mengenai Tata Cara Mengamalkan Wirid Bismillah 786 Kali Dan Khasiatnya

Semoga artikel ini menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi para pembaca dan para pengunjung situs rumah-muslimin.

Demikian Artikel " Wirid Bismillah 786 Kali: Cara Mengamalkan, Khasiat dan Doanya "

Semoga lirik ini bermanfaat untuk sahabat MR yang ingin membawakan Qasidah ini

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close