Hukum Menyediakan Makanan, Menghadirkan Pembaca Al-Qur'an Untuk Acara Takziyah

HUKUM MENYEDIAKAN MAKANAN, MENGHADIRKAN PEMBACA AL-QUR'AN UNTUK ACARA TAKZIYAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Tradisi yang terjadi di Mesir adalah ketika ada seseorang wafat maka terkadang keluarganya "membuat acara" takziyah, mendirikan tenda, kursi, menyiapkan hidangan, lalu menghadirkan qari' yang membacakan al-Qur'an.

Darul Ifta Mesir menjawab bahwa hal tersebut adalah kebiasaan baik yang dilakukan oleh orang-orang karena ia merupakan wasilah dalam melaksanakan perintah agama yaitu sunnah takziyah, asalkan dengan syarat tidak berlebihan, tidak menjadikannya sebagai ajang untuk sombong dan membanggakan diri, tidak menggunakan harta dengan bathil dan tidak diambil dari harta warisan. Darul Ifta Mesir bahkan menyatakan bahwa melarang hal semacam ini adalah suatu bentuk kebid'ahan karena telah mempersempit perkara yang sebenarnya luas menurut syariat.

Pada penjelasan lebih detail Darul Ifta Mesir menambahkan bahwa menghadirkan qari' untuk membacakan al-Qur'an dan membayar mereka adalah perkara yang diperbolehkan oleh syariat, karena bayaran yang diberikan bukanlah bayaran atas pembacaan al-Qur'an-nya namun adalah pengganti ongkos dan waktu yang ia berikan untuk bisa hadir dalam kegiatan tersebut.

$ads={1}

Dari fatwa ini dipahami bahwa tradisi semacam ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga di Mesir juga ada. Pada saat ada yang meninggal biasanya keluarga akan menyiapkan karpet di seluruh rumah dengan hidangan makanan dan minuman, terkadang menyiapkan tenda dan kursi untuk mengantisipasi banyaknya pentakziyah yang hadir. Para pentakziyah ada yang hanya datang dan berbicara kepada keluarga mayit, ada yang membacakan Yasin, ada yang menshalati dan mengiringi hingga penguburan.

Sumber: dar-alifta.org

Oleh: Fahmi Hasan Nugroho

Demikian Artikel " Hukum Menyediakan Makanan, Menghadirkan Pembaca Al-Qur'an Untuk Acara Takziyah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close