Perbedaan Bahasa Arab, Bahasa Al-Qur'an, Huruf Arab dan Kalamullah

PERBEDAAN BAHASA ARAB, BAHASA AL-QUR'AN, HURUF ARAB DAN KALAMULLAH 

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Islam merupakan agama yang kompleks dan mesti dipahami kepada orang yang memiliki kapabilitas yang baik, tentunya dengan sanad keilmuan yang bersambung sampai ke Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Apabila memahami islam berdasarkan lisan orang lain yang tidak jelas sumber keilmuannya, maka tidak boleh kita mengambil ilmu dan pendapatnya, apalagi mengamalkannya.

Perbedaan pendapat persoalan Akidah antara kelompok Wahabi dan Aswaja sudah lama terjadi. Salah satunya persoalan apakah Bahasa Arab itu Makhluk? Apakah Kalam Allah itu makhluk? Apakah Huruf Arab itu Makhluk? 

Melalui artikel ini kami akan memberikan informasi terkait Perbedaan Bahasa Arab, Bahasa Al-Qur'an, Huruf Arab dan Kalamullah. Tulisan ini kami kutip melalui laman facebook Ustadz Saiful Anwar. Berikut tulisannya:

BAHASA ARAB

Bahasa yang digunakan oleh manusia adalah hasil karya manusia. Di antara contoh bahasa adalah bahasa Ibrani, Suryani, Barbari, Maduri, Jawi, bahasa Gaul dan bahasa lainnya, termasuk bahasa Arab.

Bukti bahwa bahasa merupakan hasil karya manusia adalah adanya kata-kata yang baru seperti "Televisi", "Radio", "Laptop" dan lain-lain. Nama-nama tersebut tidak ada didalam bahasa manusia kecuali setelah manusia menciptakan semua itu dan memberinya nama. 

Bahasa Arab dan huruf-hurufnya adalah hasil karya manusia. Maka, semua bahasa serta huruf-hurufnya adalah hasil karya manusia. Berarti, semua bahasa dan huruf-huruf adalah hal baru, dan semua itu adalah makhluk.

$ads={1}

BAHASA AL QUR'AN

Bagaimana dengan Al Qur'an? Apakah Al Qur'an adalah hasil kreasi manusia? Jelas bukan! Apakah Al Qur'an adalah makhluk? Jelas juga bukan! Al Qur'an adalah Kalamullah. 

Namun, bahasa yang digunakan oleh Al Qur'an adalah bahasa makhluk, yaitu bahasa Arab. Kata siapa? Kata Al Qur'an:

Allah berfirman: 

‌بِلِسَانٍ ‌عَرَبِيٍّ ‌مُبِينٍ

"(Al Qur'an diturunkan) dengan LISAN (BAHASA) BANGSA ARAB yang nyata" (QS Asy Syu'ara' ayat 195) 

إِنَّا جَعَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

"Sesungguhnya kami menjadikannya (kitab) BACAAN ARAB semoga kalian berpikir" (QS Az Zukhruf ayat 3)

Didalam kitab tafsir Al Qurthuby juz 16 halaman 61 mengutip tafsir dari Sufyan Tsauri:

بيناه." عربيا" أي أنزلناه بلسان العرب، لأن كل نبي أنزل كتابه بلسان قومه

"Kami menjelaskannya dengan bahasa bangsa Arab, maksudnya adalah kami menurunkannya DENGAN BAHASA ARAB. Karena sesungguhnya KITAB setiap nabi itu DITURUNKAN DENGAN BAHASA KAUMNYA"

Lebih spesisik lagi Al Qur'an menjelaskan bahwa Allah menurunkan Al Qur'an dengan bahasa Rasulullah SAW. Hal ini disebutkan didalam surat Ad Dukhan ayat 58:

‌فَإِنَّمَا ‌يَسَّرْنَاهُ ‌بِلِسَانِكَ

"Sesungguhnya Kami mudahkan Al Qur'an itu dengan BAHASAMU (Hai Muhammad)" 

Al Qur'an adalah Kalamullah, namun bahasa yang digunakan oleh Allah untuk menurunkan Al Qur'an adalah bahasa bangsa Arab.

HURUF ARAB 

Seperti halnya bahasa, huruf (aksara) pun adalah karya buatan manusia. Huruf Dewanagari (India), huruf Kanji (Jepang), Hanacaraka (Jawa), huruf Alfabet (Yunani), huruf Braille (untuk tunanetra) dan semua huruf yang ada di dunia ini adalah hasil karya manusia. Ya, semua huruf adalah makhluk. 

HURUF AL QUR'AN

Al Qur'an bukan makhluk. Al Qur'an adalah Kalamullah. Namun huruf-huruf yang digunakan untuk menulis Al Qur'an adalah makhluk karena merupakan hasil karya manusia. Huruf-huruf yang digunakan untuk menulis Al Qur'an adalah huruf-huruf milik bangsa Arab. Hal ini dijelaskan didalam kitab Sahih Al Bukhari juz 6 halaman 182, bahwasanya Khalifah Utsman berkata:

إِذَا اخْتَلَفْتُمْ أَنْتُمْ وَزَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ فِي عَرَبِيَّةٍ مِنْ عَرَبِيَّةِ القُرْآنِ فَاكْتُبُوهَا بِلِسَانِ قُرَيْشٍ

"Apabila kalian dan Zaid bin Tsabit berselisih didalam bahasa Arab dari bahasa Arabnya Al Qur'an maka TULISLAH IA DENGAN BAHASA QURAISY"

Jadi, tulisan yang digunakan untuk menulis Al Qur'an adalah tulisan milik bangsa Arab, dengan bahasa Arab Quraisy sebagai acuan utamanya.

$ads={2}

KALAM ALLAH 

Allah menyatakan bahwa Diri-Nya memiliki sifat berbeda dengan makhluk-makhlukNya. Allah berfirman: 

ليس كمثله شيء

"Tidak ada sesuatupun yang menyerupaiNya"

Karena manusia berkalam (berbicara) dengan suara dan huruf, sedangkan Allah memiliki sifat Mukholafatuhu Lil Hawadzitsi secara mutlak, maka mustahil Kalam Allah berupa suara dan huruf. 

Apakah orang yang meyakini bahwa kalam Allah tanpa suara dan huruf sama dengan meyakini Allah bisu? Tidak! Kami meyakini bahwa Allah memiliki sifat Kalam tapi Kalam Allah berbeda dengan kalam makhluknya secara mutlak. 

Kesimpulannya

 1. Al Qur'an adalah Kalamullah 

 2. Al Qur'an bukan makhluk 

3. Semua bahasa dan huruf adalah makhluk 

4. Kalam Allah berbeda dengan kalam makhluk

Oleh: Ustadz Saiful Anwar

Editor: Hendra, S

Demikian Artikel " Perbedaan Bahasa Arab, Bahasa Al-Qur'an, Huruf Arab dan Kalamullah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close