Shalat 4 Rakaat Sebelum Ceramah (Tausiyah)

SHALAT 4 RAKAAT SEBELUM CERAMAH (TAUSIYAH)

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Bercerita guru kami, Dr. Mar’i Hasan Ar Rasyid:

“Di Damaskus ada seorang Syaikh yang sangat masyhur dalam dakwah, setiap kali beliau menyampaikan mau’idzoh dan ceramah para hadirin akan tersentuh dan menangis, para hadirin akan keluar dari majlis dengan keadaan yang berbeda, mereka keluar menjadi pribadi yang lebih baik, seolah Syaikh telah merubah mereka dengan mau’idzoh yang beliau sampaikan.

Dan suatu ketika, salah satu dari murid beliau ingin meniru isi mau’dzoh dan gaya ceramah beliau. Maka sang murid bergegas pergi ke majlis dan mencatat semua isi cerama dari sang guru, bahkan intonasi dan gestur sang guru dalam ceramah ia catat dan ia hapalkan.

Saat yang dinantikan tiba. Murid itu akan mempraktikkan dan meniru gaya ceramah sang guru dalam salah satu majlis. Semua yang ia sampaikan sama persis dengan apa yang disampaikan sang guru, bahkan dari intonasi dan gestur dalam ceramah, semuanya sama, fotocopy, tak sedikitpun terlewatkan.

Tapi keanehan terjadi. Para hadirin yang seharusnya tersentuh dan menangis karena mendengarkan mau’dzoh, mereka malah mencaci sang murid itu dan menyuruhnya segera turun, mereka melontarkan sumpah serapah dan melemparinya dengan sampah.

Setelah kejadian itu, sang murid bergegas menemui guru dan menceritakan semua kejadian, sang guru tersenyum dan berkata:

((Anakku, engkau memang bisa meniru semua isi ceramah beserta gaya penyampaiannya, tapi ada satu hal yang kau lewatkan. Setiap hendak menyampaikan mau’idzoh aku selalu sholat empat rokaat dan bermunajat kepada Allah, aku berserah diri, mengakui bahwa diriku sama sekali tak memiliki daya dan upaya, aku memohon pertolongan dari Allah agar apa yang aku sampaikan bisa memberi atsar yang baik bagi para pendengar, karena percayalah, Anakku, hanya Allah yang bisa menjadikan apa yang kita sampaikan bisa diterima, bukan indahnya bahasa dan gaya menyampaikannya. Engkau akan mendapati orang-orang yang mendengar mau’dzohku tersentuh dan menangis, itu karena mauidzhohku didukung oleh empat rakaat sebelumnya, dan itulah yang kau lewatkan))"

$ads={1}

*Disampaikan pertama kali oleh guru kami Dr Mar’i dulu sekali saat aku masih Tamhidi, dan beliau mengingatkan kembali akan kisah ini beberapa hari lalu saat ngaji kitab “Hakadza Fal Nad’u Ilal Islam” bersama para alumni STAI Imam Syafii via zoom. Semoga Allah senantiasa Menjaga beliau dan Membalas semua kebaikan yang beliau berikan dengan sebaik-baik balasan.

**Kamis, 25-Februari-2021. Berbek, Waru, Sidorajo.

#FaidahSTAIIS #25

Oleh: Hammad

Demikian Artikel " Shalat 4 Rakaat Sebelum Ceramah (Tausiyah) "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close