2 Cara Menjawab Adzan Yang Benar Beserta Doanya

2 CARA MENJAWAB ADZAN YANG BENAR BESERTA DOANYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dalam islam hukum mengucapkan salam adalah sunnah sedangkan menjawab salam hukumnya wajib, sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam:

“Hak sesama Muslim ada lima: membalas salamnya, menjenguknya ketika ia sakit, mengikuti jenazahnya yang dibawa ke kuburan, memenuhi undangannya dan ber-tasymit ketika ia bersin.” (HR. Bukhari no. 1164, Muslim no. 4022)

Ada 2 cara dalam menjawab adzan yang dapat dilakukan:

1. Menjawab langsung setiap kalimat adzan.

2. Diam menunggu sampai adzan selesai kemudian menjawab semuanya, atau menunggu sebagian, kemudian menjawabnya.

وذلك بأن يجيب كل كلمة عقب فراغه منها، أو يسكت حتى يفرغ كل أو بعض الأذان والإقامة، ويجيب قبل أن يطول الفصل عرفا...

[بشرى الكريم، ١٩٠]

Imam Ar-Ramli berpendapat bahwa jika yang mendengar adzan berbarengan mengucapkan kalimat-kalimat adzan dengan si muadzin (tanpa mendahuluinya), maka sudah bisa disebut menjawab adzan dan mendapatkan pahalanya.

فإن قارنه من غير تقدم أجزأه عند (م ر).

[بشرى الكريم، ١٩٠]

Tetap disunnahkan menjawab adzan ketika mendengar adzan lagi dari masjid yang lain. Adapun jika antara satu adzan dengan adzan lain bercampur dan saling mendahului sehingga menyulitkan kita menjawabnya, kita bisa pakai cara kedua, menunggu semua atau sebagian adzan selesai, kemudian menjawabnya.

$ads={1}

Sebagian ulama berpendapat tidak disunnahkan menjawab adzan jika antara satu adzan dengan yang lain bercampur dan "saling tabrakan".

Adapun bacaan doa setelah mendengarkan adzan sebagai berikut:

اللَّهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ، آتِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ، اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya:

“Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna dan sholat yang akan didirikan, karuniakanlah junjungan kami nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan dan derajat yang tinggi. Dan tempatkanlah ia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. Wahai dzat yang Maha Penyayang”

Wallahu a'lam.

Oleh: Ustadz Amru Hamdany

Editor: Rumah-Muslimin

Demikian Artikel " 2 Cara Menjawab Adzan Yang Benar Beserta Doanya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close