Macam-macam Wujud Berkah Dalam Islam

MACAM-MACAM WUJUD BERKAH DALAM ISLAM

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Berkah itu kadang wujudnya diberi uang banyak, makanan cukup, kebutuhan terpenuhi, buah-buahan, air yang segar...

Tapi kadang berkah itu terwujud dalam bentuk dekat dengan orang saleh, dekat dengan sumber ilmu, mudah mengakses petunjuk din....

Yang pertama namanya berkah dunia.

Yang kedua namanya berkah akhirat.

Saat menjelasakan makna berkah pada daerah sekitar Masjidil Aqsā, Al-Syaukānī berkata,

«الَّذِي بارَكْنا حَوْلَهُ بِالثِّمَارِ وَالْأَنْهَارِ وَالْأَنْبِيَاءِ وَالصَّالِحِينَ، فَقَدْ بَارَكَ اللَّهُ سُبْحَانَهُ حَوْلَ الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى بِبَرَكَاتِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ». «فتح القدير للشوكاني» (3/ 246)

Artinya,

“Masjidil Aqṣā yang Aku (Allah) berkahi sekelilingnya (maknanya adalah Aku memberkahinya) dengan buah-buahan, sungai-sungai, nabi-nabi dan orang-orang saleh. (Al-Syaukānī berkata:) Allah subhanah telah memberkahi  sekeliling Masjidil Aqsā dengan berkah-berkah dunia dan akhirat” (Fatḥu al-Qadīr, juz 3 hlm 246)

Anugerah duniawi itu dikatakan berkah bagi seseorang jika setelah mendapatkannya ketaatan makin kuat. Jika malah tambah lupa Allah, lupa kehidupan setelah mati, berarti pemberian duniawi menjadi fitnah, bahkan bisa laknat.

$ads={1}

Anugerah akhirat itu dikatakan berkah bagi seseorang jika setelah mendapatkannya ketaatan makin kuat. Jika dekat dengan orang saleh nan berilmu malah tidak memberi dampak apa-apa, disia-siakan, bahkan dihinakan, maka anugerah ukhrawi itu menjadi fitnah, bahkan bisa menjadi sebab laknat.

Tidak selalu memang dekat dengan orang saleh memberi dampak kebaikan. Di Mekah ada Rasulullah ﷺ, tapi disamping ada orang-orang sepert Abu Bakr dan Umar, ada juga orang-orang seperi Abu Jahal dan Abu Lahab.

Oleh: Muafa (Mokhamad Rohma Rozikin/M.R. Rozikin, Dosen di Universitas Brawijaya)

Demikian Artikel " Macam-macam Wujud Berkah Dalam Islam "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close