Mendadak Haid Saat Berangkat Umroh, Menunggu Suci di Tempat Miqat atau Mekkah?

MENDADAK HAID SAAT BERANGKAT UMROH, MENUNGGU SUCI DI TEMPAT MIQAT ATAU MEKKAH?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Bagi wanita yang hendak umrah kemudian mengalami haid saat berangkat, maka ia punya dua pilihan.

Pertama, dia menunggu di tempat mīqāt atau area di dekatnya sampai suci. Begitu sudah suci, maka segera berihram dari miqāt lalu menuju Mekah dan menuntaskan ritual umrah (tawaf, sai dan ditutup memangkas rambut). 

Kedua, dia berihram dalam keadaan haid di mīqāt dan itu sah, sebab tidak ada syarat suci dari hadas saat berihram. Setelah itu silakan menuju Mekah dalam keadaan berihram lalu menunggu sampai suci (misalnya di hotel atau rumah saudara). Menunggu adalah keharusan karena wanita haid tidak sah bertawaf.  Begitu sudah suci maka segera menuntaskan ritual umrah (tawaf, sai dan ditutup memangkas rambut) 

Dari dua pilihan ini, mana yang paling utama?

Baca juga: Mendadak Haid Saat Akan Berangkat Umrah, Bagaimana Ibadahnya?

Jawabannya adalah yang pertama.  Sebab berihram dalam kondisi suci dari hadas lebih sempurna dan lebih utama daripada berihram dalam kondisi berhadas. 

Jadi, muslimah  Indonesia yang berangkat  umrah dalam keadaan haid, lalu turun di bandara Madinah, berarti silakan menginap dulu berhari-hari di hotel dekat Masjid Nabawi  atau hotel dekat Bir Ali. Jika sudah suci, baru memulai prosesi umrah.  Al-Nawawi berkata,

«فإنْ أمكَنَ الحائض المقامُ بالميقاتِ حتَّى تَطْهر وَتَغْتَسلَ ثم تُحْرِم فَهُوَ أَفْضَلُ». «الإيضاح في مناسك الحج والعمرة» (ص125)

Artinya,

“Jika wanita haid memungkinkan untuk tinggal di Mīqāt sampai suci dan mandi (janabah) kemudian (baru) berihram, maka itu lebih utama” (al-Īḍāḥ fī Manāsiki al-Ḥajj wa al-‘Umrah hlm 125)

$ads={1}

Oleh: Muafa (Mokhamad Rohma Rozikin/M.R. Rozikin, Dosen di Universitas Brawijaya)

Demikian Artikel " Mendadak Haid Saat Berangkat Umroh, Menunggu Suci di Tempat Miqat atau Mekkah? "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close