Syekh Abdul Hamid Kudus; Penulis Kitab Kanzun Najah Wa Surur Asal Indonesia

SYEKH ABDUL HAMID KUDUS; PENULIS KITAB KANZUN NAJAH WA SURUR ASAL INDONESIA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Pernah dengar nama kitab Kanz an-Najah wa as-Surur? Kitab yang tiap kali datang awal dan akhir tahun kita selalu membaca doa yang bersumber dari situ.

Tahukah Anda, penulis kitab Kanz an-Najah wa as-Surur berasal dari Indonesia? Tepatnya dari Kudus Jawa Tengah.

Ya, nama muallifnya adalah Syaikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Kudus.

Lho, Mas. Kudus di belakang nama beliau bukannya Kudus Baitul Maqdis Palestina ya?

Bukan. Kudus di belakang nama beliau adalah Kudus Jawa Tengah Indonesia. Buktinya adalah dawuh beliau sendiri ketika mensyarahi kitab matan yang ditulis abahnya, Syaikh Muhammad Ali Kudus. Kitab matan bernama Kifayat al-Mubtadi, tentang aqaid 50 beserta dalil-dalilnya. Sedangkan syarahnya bernama Irsyad al-Muhtadi ila Kifayat al-Mubtadi.

$ads={1}

Syaikh Muhammad Ali Kudus dalam muqaddimah kitab berkata:

ألفها بعون ربه القدير العلي العبيد الفقير محمد علي الأشعري الشافعي القدسي المكي

"Kitab Kifayatul Mubtadi ditulis dg pertolongan Allah oleh hamba yang faqir Muhammad Ali al-Asy'ari asy-Syafi'i al-Makki".

Saat membahas kata al-Qudsiy, Syaikh Abdul Hamid Kudus mengomentari:

(القدسي) أي: بلدا ومولدا.

واعلم أن القدسي نسبة إلى قدس -بضمتين- بلدة مشهورة بأرض الجاوا، قيل: إنما سميت بذلك؛ لأنه نزل بها ولي من أولياء الله تعالى، شريف من أشراف القدس -أعني: بيت المقدس-، فكان يرشد الناس فيها، فسميت باسم بلدته، وتصرفوا في الاسم. وكان سيدي العارف بالله، والدال على مولاه، ذو الكرامات الباهرة، والفيوضات الظاهرة، العلامة السيد شيخ بن أحمد بافقيه باعلوى المدفون بسربايا -رحمه الله تعالى ونفعنا به وبأسراره آمين- يحب هذه البلدة كثيرا، وقد أنشد في مدحها أشعارا ليس هذا محل بسطها.

"(Al-Qudsiy) nisbat kota dan tempat kelahirannya.

Ketahuilah, al-Qudsiy nisbat ke Kudus -dengan dua dhommah-, kota yang terkenal di tanah Jawa. Konon katanya, dinamakan Kudus karena dulu pernah tinggal di sana seorang wali Allah, seorang syarif dari Quds Baitul Maqdis Palestina. Wali itu membimbing masyarakat di daerah situ, kemudian masyarakat bertasharruf dalam penamaanya (yg semula Quds jadi Qudus).

Dulu al-Arif Billah yg mempunyai banyak karamah al-Allamah Sayyid Syaikh bin Ahmad Bafaqih Ba'alawi yang dimakamkan di Surabaya (Botoputih) cinta sekali dengan kota Kudus ini. Beliau menulis banyak syair yang memuji kota Kudus."

Lihat Irsyad al-Muhtadi halaman 12. Download kitabnya di sini:

https://maktabahtahmil.blogspot.com/2015/10/blog-post_654.html?m=1&fbclid=IwAR2iKauogFFrx0nOTOl10L65RzNSLZN14m81-L5KdjpRN2W72iCvqKLfgH8

Kalam Syaikh Abdul Hamid di atas adalah bukti kuat bahwa beliau berasal dari Kudus Jawa Tengah.

Selain itu, kami juga mempunyai data catatan nasab menyebutkan nama beliau yang menyambungkannya dengan ulama-ulama besar Kudus lainnya. Seperti KH. Imam Haramain (leluhur KH. Arwani Amin, juga leluhur KH. Aslim Akmal ), KH. Ma'shum bin Sholeh Damaran, dll.

Oleh: Nanal Ainal Fauz

Demikian Artikel " Syekh Abdul Hamid Kudus; Penulis Kitab Kanzun Najah Wa Surur Asal Indonesia "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close