4 Amalan di Malam Nisfu Sya'ban (15 Sya'ban)

4 AMALAN DI MALAM NISFU SYA'BAN (15 SYA'BAN)

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Sya'ban adalah bulan yang penuh berkah dan memiliki banyak keistimewaan di dalamnya. Oleh karena itu, Rasulullah SAW memperbanyak Ibadah puasa di bulan Sya’ban sebagaimana yang diriwayatkan dalam berbagai hadits.

Selain memiliki keistimewaan, beberapa peristiwa penting terjadi di bulan Sya'ban, salah satunya adalah malam Nisfu Sya'ban. Artinya, malam yang penuh berkah dan diyakini sebagai malam ampunan.

Pada tengah malam bulan Sya'ban, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, shalat dan istighfar. Sebab malam ini di mana Allah Swt turun ke langit yang terdekat dengan bumi. Sebagaimana sabda nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam Kitab Sunan Ibn Majah juz 1 halaman 444, hadits nomor 1388:

$ads={1}

حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْخَلَّالُ ثنا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَنْبَأَنَا ابْنُ أَبِيْ سَبْرَةَ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ جَعْفَرٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِيْ طَالِبٍ قَالَ قَالَ رَسُوْل اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُوْمُوْا لَيْلَهَا وَصُوْمُوْا نَهَارَهَا . فَإِنَّ اللهَ يَنْزِلُ فِيْهَا لِغُرُوْبِ الشَّمْسِ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا. فَيَقُوْلُ أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ لِيْ فَأَغْفِرَ لَهُ أَلَا مِنْ مُسْتَرْزِقٍ فَأَرْزُقَهُ أَلَا مُبْتَلًى فَأُعَافِيَهُ أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْر

"Dari Ali bin Abu Thalib, beliau berkata: Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Apabila telah datang malam Nisfu Sya’ban, maka shalat malamlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, sesungguhnya (rahmat) Allah turun pada malam itu ke langit yang paling bawah ketika terbenamnya matahari, kemudian Allah menyeru “Adakah orang yang meminta maaf kepadaku, maka akan Aku ampuni. Adakah yang meminta rezeki, maka Aku akan melimpahkan rezeki kepadanya. Adakah orang yang sakit, maka akan Aku sembuhkan”.

Para ulama menganjurkan untuk memperbanyak ibadah pada malam nisfu sya'ban dengan berbagai amalan, diantaranya yaitu memperbanyak puasa, istighfar, sedekah dan membaca suratul yasin sebanyak 3x.

Namun ulama berbeda pendapat terkait puasa pada siang hari tanggal 15 nisfu sya'ban. Ada yang mengatakan boleh dan adapun yang melarangnya karena termasuk hari syak.

Meskipun dilarang, ulama mazhab syafi'i memperbolehkan berpuasa sunnah bagi yang sudah terbiasa mengerjakannya. Seperti puasa ayyamul bidh, puasa qadha, puasa senin-kamis, puasa nadzan, puasa qadha atau yang sudah terbiasa mengerjakan puasa dahar.

Baca juga: Bolehkah Mengqadha Puasa Setelah Nisfu Sya'ban?

Adapun dalam membaca suratul yasin sebanyak 3 kali yaitu dengan niat yang berbeda. Yang pertama berniat untuk agar dipanjangkan umur dalam ketaatan, Yang kedua niat agar diberikan karunia rezeki dzohir dan batil yang halal, berkah dan manfaat dunia dan akhirat, Yang ketiga Niat agar dihadiahi kematian dalam keadaan husnul khotimah dan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Tata cara dan cara membaca surat Yasin 3x di Malam Nisfu Sya'ban bisa baca di artikel ini (Baca juga: Membaca Surat Yasin 3x di Malam 15 Nisfu Sya'ban: Niat, Tata Cara dan Doanya)

Demikian Artikel " 4 Amalan di Malam Nisfu Sya'ban (15 Sya'ban) "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close