7 Persoalan Malam Nisfu Sya'ban

7 PERSOALAN MALAM NISFU SYA'BAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Para alim ulama berbeda pendapat mengenai keutamaan dan amaliyah pada malam Nisfu Sya'ban. Seperti hukum menghidupkan malam nisfu sya'ban di masjid secara berjama'ah hingga membaca suratul yasin sebanyak 3 kali.

Kyai Hidayat Nur melalui postingan facebooknya membagikan tulisan mengenai 7 Persoalan Malam Nisfu Sya'ban dari berbagai sudut pandang para alim ulama. berikut tulisannya:

1. Kemulian dan kekhususan malam nishfu Sya'ban telah dijelaskan dalam beberapa hadits yang diriwayatkan tidak kurang dari 13 shahabat Nabi. Mayoritas hadits tersebut menjelaskan tentang ampunan Allah kepada hamba-Nya pada malam nishfu Sya'ban. 

2. Ulama' dari madzhab empat menyepakati tentang kemuliaan malam nishfu Sya'ban dan menyebut sebagai malam mustajabnya berdoa. Termasuk nash shorih dari Imam asy-Syafi'i dan Imam Ahmad bin Hanbal. 

$ads={1}

3. Ulama' salaf berbeda pendapat tentang hukum menghidupkan malam nishfu Sya'ban dengan beribadah bersama-sama (ihtifal) di masjid dan lain-lain. Sebagian menyebut bukan bid'ah dan sebagian menyebut sebaliknya (ingkar). 

4. Dzikir yang bisa dilakukan pada malam nishfu Sya'ban adalah istighfar, memohon rahmat Allah, membaca do'a tolak balak, membaca al-Qur'an khususnya surat Yasin yang punya kaitan dengan qodho' dan qodar, dan lain-lain. Yang memiliki wirid-wirid silahkan dibaca semampunya. 

5. Orang yang tidak mendapatkan kemuliaan malam nishfu Sya'ban adalah orang musyrik, musyahin (pengacau di kalangan umat Islam), pendendam, orang yang bunuh diri, palacur, peminum khomer (melanggengkan), yang durhaka kepada orang tuanya, dan begal jalan. 

6. Membaca surat Yasin tiga kali pada malam nishfu Sya'ban dengan niat panjang umur, jauh dari kefakiran, jauh dari mara bahaya dan lain-lain adalah bagian dari tawassul dengan amal shalih (amal sholih berupa membaca surat Yasin). Dan tawassul dengan amal sholih hukumnya boleh menurut kesepakatan ulama'. Tawassul sendiri adalah bagian dari doa. Dan doa pada malam nishfu Sya'ban adalah mustajab. 

7. Yang saya fahami dari dakwaan Sayyid Abdullah al-Ghumari bahwa membaca Yasin tiga kali adalah bid'ah maksudnya adalah membaca surat Yasin plus dengan sholat khusus (niat) Nishfu Sya'ban. Wallahu A'lam. 

Note: Nomer 1 hingga 5 saya sarikan dari kitab "Lailatut Nishfi Min Sya'ban" karangan Dr. Mahmud as-Sayyid Shobih.

Demikian Artikel " 7 Persoalan Malam Nisfu Sya'ban "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close