Doa Agar Terhindar Dari Teman, Tetangga dan Pergaulan yang Buruk

DOA AGAR TERHINDAR DARI TEMAN, TETANGGA DAN PERGAULAN YANG BURUK

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Memilih teman yang baik adalah anjuran dalam agama islam dan para alim ulama. Teman ataupun pergaulan (circle) dapat berpengaruh pada kehidupan terutama pada sikap dan ketaqwaan yang kita miliki.

Memiliki teman yang baik maka akan membawa pengaruh yang positif, apalagi jika teman tersebut memiliki agama yang baik. Begitupun ketika memiliki teman yang buruk, maka membawa pengaruh yang negatif bahkan bisa jadi kita terjerumus dengan apa yang mereka lakukan apabila iman kita tidak kuat.

Oleh sebab itu Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam mengumpamakan pertemanan itu layaknya orang yang membawa minyak wangi dan tukang pandai besi, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

“Perumpamaan teman yang baik dan yang jahat adalah seperti orang yang membawa minyak wangi dan tukang pandai besi. Yang membawa minyak wangi, boleh jadi dia memberimu, atau kamu membeli daripadanya, atau paling tidak kamu mendapatkan harum semerbak daripadanya. Adapun tukang pandai besi, boleh jadi bajumu terbakar karenanya, atau kamu mendapatkan bau busuk daripadanya." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Oleh sebab itu pentingnya memiliki teman yang baik dan shaleh agar kita selama dunia dan akhirat. Adapun para alim ulama menganjurkan berdoa agar terlindung dari teman-teman yang buruk/toxic dan lain sebagainya.

$ads={1}

Imam Abdul Wahhab As-Sya’rani memberitahu sebuah doa dari Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam agar terlindung dari teman, tetangga, pasangan, pergaulan yang buruk. Berikut doa yang dimaksud:

 اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ صَاحِبِ غَفْلَةٍ وَمِنْ جَارِ سُوْءٍ وَمِنْ زَوْجٍ يُؤْذِيْ 

Allāḥumma innī a‘ūdzu bika min shāhibi ghaflatin wa min jāri sū’in wa min zawjin yu’dzī.

Artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari sahabat yang lalai agama, tetangga yang jahat, dan pasangan yang menyakiti,”(Imam Abdul Wahab As-Sya’rani, Tanbihul Mughtarrin, [Semarang, Thaha Putra: tanpa tahun], halaman 29).

Baca juga: Amalan Agar Satu Rumah Menjadi Orang Shalih 

Doa ini dapat dibaca dengan harapan dijauhkan dari teman-teman/tetangga/pergaulan/circle yang membawa pengaruh buruk kepada kita.

Semoga dengan membaca doa ini kita mendapatkan teman-teman yang baik, yang dapat mendekatkan kita kepada Allah Swt dan terhindar dari teman-teman yang mengajak kita pada kelalaian. Aamiin

Oleh: Rumah-muslimin

Demikian Artikel " Doa Agar Terhindar Dari Teman, Tetangga dan Pergaulan yang Buruk "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close