Ikut Azan Magrib di TV atau Masjid Sekitar Saat Buka Puasa?

IKUT AZAN MAGRIB DI TV ATAU MASJID SEKITAR SAAT BUKA PUASA?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Tanda berbuka puasa yaitu tenggelamnya matahari (waktu maghrib). Masyarakat kaum muslimin di Indonesia umumnya menunggu adzan maghrib mengacu pada adzan di masjid/mushola dan Televisi. Terkadang antara adzan di tv dengan adzan di masjid/mushola berbeda dan lebih cepat di masjid/mushola 3-4 menit.

Ustadz Ahmad Atho dalam facebooknya menjelaskan perihal Azan Magrib di TV atau Masjid Sekitar Saat Buka Puasa? berikut tulisannya:

Dalam kitab fiqih disebutkan ;

ويفطر عند تيقن غروب الشمس

"Dan boleh berbuka ketika sudah yakin akan terbenamnya matahari (masuk waktu maghrib)".

Sekarang masjid-masjid dan musholla-musholla kebanyakan sudah memasang jam digital sebagai penunjuk waktu shalat dan imsak. Jadi muadzin musholla dan masjid pun adzan mengikuti jam digital itu, sebab selain tidak perlu repot melihat jadwal imsakiyah di wilayahnya, juga memang banyak dari para muadzin di masjid, terlebih musholla, itu memang orang awam.

$ads={1}

Beberapa waktu lalu teman saya ada yang mencoba membandingkan jam digital di beberapa musholla dan masjid, ternyata beberapa diantaranya beda waktu shalatnya, bahkan ada yang selisih hingga 3 menit.

"Kita ikut jam digital masjid yang mana ini?", tanya teman saya. Pertanyaan teman saya ini mengingatkan saya pada masalah yang saya tulis beberapa tahun lalu di akun ini, bedanya waktu itu adalah perbedaan pada aplikasi waktu shalat di HP android. Waktu itu saya menginstall 3 aplikasi waktu shalat yang ternyata semua berbeda.

Lalu bagaimana solusinya agar kita yakin sudah masuk waktu maghrib sehingga kita bisa berbuka puasa dengan tenang?

Kalo saya pribadi, saya biasanya mengikuti adzan maghrib Masjid Jami' Kota Malang yang disiarkan langsung di stasiun radio officialnya. Kalo ini saya yakin akurat, sebab di bawah pengawasan para Ulama Kota Malang.

Baca juga: 8 Golongan Orang Yang Tidak Berpuasa Namun Wajib Qadha

Kalo tidak bisa mengakses radio ini, biasanya saya memilih menunda berbuka barang 2 atau 3 menit hingga adzan di musholla-musholla atau masjid-masjid selesai.

Salah seorang Alim di daerah sini dawuh terkait perbedaan waktu shalat Masjid Jami' Kota Malang dan jam digital di masjid-masjid sekitar sini :

"Jam digital itu hanya ikhbar, sedangkan Masjid Jami' itu itsbat."

Oleh: Ustadz Ahmad Atho

Editor: Rumah-muslimin

Demikian Artikel " Ikuti Azan Magrib di TV atau Masjid Sekitar Saat Buka Puasa? "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close