Istilah Yang Tepat Untuk Kitab Mukhtashar

ISTILAH YANG TEPAT UNTUK KITAB MUKHTASHAR

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dalam kitab Minhaj Al-Thalibin Jilid I pada bab menghadap kiblat, kita menjumpai penggunaan istilah "fil Azhar" dimana dalam kasus yang dibicarakan sebenarnya ada salah satu sisi permasalahan tersebut yang terdapat perbedaan hikayat (thariq). Lalu kenapa Imam Nawawi tidak menggunakan istilah "mazhab"?

Perlu dipahami bahwa di antara masing-masing istilah yang digunakan Imam Nawawi dalam kitab Minhaj ada plus minusnya. Istilah mazhab misalnya dapat memberi suatu pemahaman kepada kita bahwa dalam persoalan tersebut terdapat perbedaan thariq antara thariq khilaf dengan thariq qatha', tetapi kita tidak memahami martabat khilaf dari istilah tersebut juga konteks khilafnya apakah aqwal atau awjuh. Berbeda dengan istilah Azhar dimana kita memahami khilafnya aqwal dan muqabilnya punya mudrak yang kuat, namun kita tidak tau bisa jadi di sana sebenarnya juga terdapat perbedaan thariq.

$ads={1}

Sebagai contoh dalam permasalahan pada gambar ini, istilah yang digunakan oleh Imam Nawawi adalah istilah "fii Azhar". Sebenarnya bisa saja Imam Nawawi memilih menggunakan istilah mazhab, tetapi hal itu memerlukan kepada mengklasifikasi masalah terlebih dahulu yang membuat kalam menjadi paniang, karena khilaf thariq-nya tidak pada keseluruhan masalah. Maka penggunaan istilah Azhar sudah sangat cocok untuk kitab Mukhtasar selain ada kelebihan lainnya berupa penunjukan konteks khilaf dan derajatnya.

Oleh: Ustadz Muhammad Iqbal Jalil

Demikian Artikel " Istilah Yang Tepat Untuk Kitab Mukhtashar "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close