Arti Jazakallah Khairan, Jazakillah, Jazakunnallah dan Jazakumullah

ARTI, JAZAKALLAH KHAIRAN, JAZAKILLAH, JAZAKUNNALLAH DAN JAZAKUMULLAH SERTA CARA MENJAWABNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Disaat menghadiri ceramah ataupun majelis taklim mungkin kita pernah mendengar sang mubaligh mengucapkan kalimat "jazakallah khayran". Sebagian kaum muslimin ada yang tidak tahu dengan kalimat tersebut karena umumnya dianggap sebagai kalimat pembuka/penutup pidato saja. Atau mungkin kita pernah mendengar ada teman kita yang menyampaikan kalimat tersebut setelah kita kita membantu dirinya.

Baca juga: Arti Raudhah Min Riyadhil Jannah: Keutamaan, Hadits dan Amalannya

Bukan hanya itu, ada kalimat yang persis kata-katanya seperti Jazakillah, Jazakunnallah dan Jazakumullah.

Sebenarnya apa Arti dan perbedaan Jazakallah Khairan, Jazakillah, Jazakunnallah dan Jazakumullah? lalu bagaimana cara menjawab orang yang mengucapkan Jazakallah Khairan, Jazakillah, Jazakunnallah dan Jazakumullah kepada kita? Simak selengkapnya melalu penjelasan di bawah ini:

Arti dan Makna Jazakallah Khairan, Jazakillah, Jazakunnallah dan Jazakumullah

Kalimat Jazakallah Khayran dan sejenisnya adalah ucapan terima kasih yang mengandung doa dalam bahasa arab yang artinya "semoga Allah membalas anda dengan kebaikan". Kalimat ini merupakan kalimat doa dan dianjurkan bagi yang mendengar/menerima kalimat ini mendoakan kembali dengan kalimat wajazakallah khayran atau wa iiya dan lain sebagainya. Cara Mengucap dan Menjawab yang benar dapat kamu baca dipenjelasan yang dipaparkan oleh Ustadz Ahmad Syahrin Thoriq melalui akun facebooknya di bawah ini:

$ads={1}

1. Cara Mengucap Kalimat Jazakallah Khairan, Jazakillah, Jazakunnallah dan Jazakumullah

~ Jika kepada seorang laki-laki ucapkan "Jazakallah khairan". artinya Semoga Allah membalas Anda (laki tunggal) dengan kebaikan.

~ Jika kepada banyak orang ucapkan "jazakumullah khairan". artinya Semoga Allah membalas Anda (laki jamak/lebih dari 1) dengan kebaikan.

~ Jika kepada satu orang perempuan ucapkan "Jazakillah khairan". artinya Semoga Allah membalas Anda (perempuan tunggal) dengan kebaikan.

~ Jika kepada banyak orang perempuan ucapkan "Jazakunnallah khairan". artinya Semoga Allah membalas Anda (perempuan jamak/lebih dari 1) dengan kebaikan.

Tapi boleh juga mengucapkan dengan "jazakumullah khairan" (Semoga Allah membalas kepada kalian kebaikan) baik satu laki-laki atau banyak laki-laki, satu perempuan atau banyak perempuan. Karena كم dimaksudkan untuk dia dan keluarganya.

Saya biasa menggunakan جزكم الله خيرا meski kepada ibu-ibu, karena yang saya maksudkan adalah dia dan juga suaminya. Juga ketika saya tidak tahu jenis kelamin seseorang bila di WA atau somed.

Jazakallah khairan juga bisa menggunakan diksi kalimat lain yang serupa seperti jazakallah ahsanal jaza dan lainnya.

Baca juga: Arti Dari Allahyarham, Allahyarhamah, Allahyarhamhum Dan Allahyarhamhunna

2. Cara Menjawab Kalimat Jazakallah Khairan, Jazakillah, Jazakunnallah dan Jazakumullah

~ Waiyya 

Waiyyaka kepada satu laki-laki, waiyyakum untuk banyak laki-laki, waiyaki untuk satu perempuan, dan waiyyakun untuk banyak perempuan.

Baca juga: Pengertian Muslim, Mukmin, Mukhsin, Mukhlis dan Muttaqin

~ Wa

Wajazakallah khairan untuk satu laki-laki, wajazakumullah khairan untuk banyak laki-laki, wajazakillah khairan untuk satu perempuan dan wajazakunnallah khairan untuk banyak perempuan.

Boleh juga dengan dengan ditambahin redaksi lain sebagai variasi seperti wa anta jazakallah khairan dll. Intinya tidak ada yang baku dan tak perlu kaku dalam membalasnya. 

Apapun jawabannya asalkan intinya berterima kasih dan membalas doa kebaikan itu hukumnya boleh dilakukan.

Sama dengan ketika" mengucapkannya" maka dalam "menjawabnya" boleh semua keadaan dengan kalimat yang umum yakni : Waiyyakum atau wajazakumullah khairan.

Semoga ada manfaatnya.

Editor: Rumah-muslimin

Sumber: Ustadz Ahmad Syahrin Thoriq

Demikian Artikel "Arti dan Perbedaan Jazakallah Khairan, Jazakillah, Jazakunnallah dan Jazakumullah Serta Cara Menjawabnya"

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close