Makna Al-Lathif (اللَّطِيْفُ) Dan Penjelasannya

MAKNA AL-LATHIF (اللَّطِيْفُ) DAN PENJELASANNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Allah Al-Lathif, Yang Maha Lembut, Maha Kasih terhadap hamba...

Allah Ta'ala berfirman :

اللَّهُ لَطِيفٌ بِعِبَادِهِ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ الْقَوِيُّ الْعَزِيزُ

Allah Maha Lembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (QS Asy-Syura : 19)

"Dia Maha Lembut kepada hamba yang patuh maupun yang fajir (pendosa) dimana Dia tidak lantas membinasakan mereka dengan kelaparan karena perbuatan maksiat mereka.

Baca juga: Asmaul Husna Al-Latif, Pengertian dan Maknanya

Ayat lain yang menunjukkan hal ini adalah firmanNya dalam Al-Baqarah ayat 212; yarzuqu man yasyaa', Dia memberi rizki kepada siapa yang Dia kehendaki, dan setiap yang diberi rizki oleh Allah baik itu orang mukmin, kafir dan makhluk yang memiliki ruh, maka ia termasuk bagian dari yang Allah kehendaki untuk diberi rizki.

Imam Ja'far Ash-Shadiq rahimahullah mengatakan, "Kelembutan di dalam memberikan rizki itu ada dua jenis, yang pertama : Dia menjadikan rizkimu dari hal-hal yang baik, yang kedua : Dia tidak memberikannya kepadamu sekaligus."

$ads={1}

~ Tafsir Al-Baghawi 7/189 ~

Wallahu a'lam.

Oleh: Tommi Marsetio

Demikian Artikel " Makna Al-Lathif (اللَّطِيْفُ) Dan Penjelasannya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close