Penjelasan Adzan Jumat Tiga Kali di Dalam Hadis

PENJELASAN ADZAN JUMAT TIGA KALI DI DALAM HADIS

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dalam salah satu hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dijelaskan bahwa Ketika masa kekhalifahan Utsman ibn affan Ra adzan jum'at dilakukan tiga kali karena sudah banyaknya manusia. Disebutkan didalam kitab Sahih Bukhari juz 1 halaman 310: 

«صحيح البخاري» (1/ 310 ت البغا):

«إِنَّ الْأَذَانَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، كَانَ أَوَّلُهُ حِينَ يَجْلِسُ الْإِمَامُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ عَلَى الْمِنْبَرِ، فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، فَلَمَّا كَانَ فِي خلافة عثمان رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، وَكَثُرُوا، أَمَرَ عُثْمَانُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِالْأَذَانِ الثَّالِثِ، فَأُذِّنَ بِهِ عَلَى الزَّوْرَاءِ، فثبت الأمر على ذلك»

"Sesungguhnya adzan pada hari Jum'at awalnya dilakukan ketika imam hari Jum'at duduk di atas mimbar di jaman Rasulullah SAW, Abu Bakar dan Umar RA. Ketika masa khalifah Utsman dan manusia telah banyak maka Utsman memerintahkan untuk melakukan ADZAN KETIGA. Maka adzan tersebut dilakukan di pasar Zaura'. Maka perkara itu pun tetap atas hal itu."

Apa maksud adzan ketiga? 

$ads={1}

Maksudnya adalah: 

1. Adzan 1 : Adzan biasa 

2. Adzan 2 : Iqamah 

3. Adzan 3 : Adzan tambahan atas perintah khalifah Utsman yang dilakukan di pasar. Adzan ini dilakukan sebelum dua adzan di atas. 

Baca juga: Shalat Jumat Kurang Dari 40 Jamaah Mukim, Sahkah?

Umat Islam Indonesia mengamalkan hal itu, yaitu: 

1. Adzan 1: Adzan ketiga buatan khalifah Utsman tapi dilakukan didalam masjid karena sudah pakai speaker jadi suara sudah sampai ke pasar

2. Adzan 2: Adzan biasa 

3. Adzan 3: Iqamah

Kesimpulan: Adzan Jum'at dua kali adalah melaksanakan semua sunnah, tidak ada yg ditinggalkan. Pertama, sunnah Rasulullah yaitu adzan dan iqamah. Kedua, sunnah Khulafaur Rasyidin (Utsman bin 'Affan) sebagai mana diperintahkan Nabi agar berpegang kepada sunnah Khulafaur Rasyidin, yaitu adzan karena semakin banyaknya manusia. 

Wallahu a'lam.

Sumber: Ustadz Saiful Anwar

Editor: Rumah-muslimin

Demikian Artikel  " Penjelasan Adzan Jumat Tiga Kali di Dalam Hadis "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close