Jangan Mudah Menyebut Seseorang Sebagai Wali Allah

JANGAN MUDAH MENYEBUT SESEORANG SEBAGAI WALI ALLAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Wali Allah itu yang beriman kepada Allah dan hari akhir,paling taat ibadahnya,paling getol menjalankan sholat 5 waktu, puasa, zakat, haji serta amalan wajib lainnya, berilmu, zuhud terhadap dunia,lebih suka menyembunyikan jati dirinya,berakal alias tidak gila,tidak melakukan hal-hal yang memalukan agamanya, adapun masalah baju kadang pakai yang bagus, kadang pakai yang "tidak bagus" tapi tetap menutup aurat.

Itu sedikit ciri-ciri wali Allah, namun seumpama kita melihat ada yang memiliki sifat itu maka belum tentu juga dia wali Allah, bisa aja dia wali setan, bisa aja dia lakukan semua itu karena ria atau ada ujub dalam hatinya yang kita tidak tau, kita gak usah pande-pandean mengklaim dia wali Allah, kita belum ada hak memastikan dia siapa, buktinya ada dulu sebagaimana hadits yang diriwayatkan ibnu qotadah bahwa di zaman Nabi juga ada seseorang yang bernama quzman terbunuh dalam perang uhud, para sahabat memujinya dan menyanjungnya dengan sanjungan yang luar biasa, sampai akhirnya Nabi berkata kalau dia masuk neraka dikarenakan dia mati disebabkan bunuh diri bukan mati dikarenakan syahid dibunuh musuh, sampai dikatakan bahwa dia termasuk dari orang munafik.

"DENGAN KETERBATASAN ILMU YANG KITA MILIKI JANGAN GAMPANG MEWALI-WALIKAN SESEORANG"

Cukup 2 cerita nyata yang kami saksikan sendiri agar kiranya cerita ini menjadikan kita lebih berhati-hati mengklaim kewalian pada seseorang.

$ads={1}

1. Kisah seorang imam masjid di salah satu kota di yaman,diklaim bisa ngobati orang sakit,diklaim punya karomah,dia dianggap wali Allah anehnya pengobatannya gak pake obat apapun gak pake obat kimia atau obat a'syāb,dia gak menikah sama sekali, lalu ntah kenapa suatu hari dia mati dirumahnya setelah 1 hari baru ketahuan oleh warga bahwa dia meninggal,ketika pemuka masyarakat masuk kerumahnya dan mengechek rumahnya ternyata di closet kamarnya mandinya ada mushaf alquran dan beberapa tumpukan darah sangat menjijikkan,bukannya ini perbuatan kufur ?

Ya beberapa masyayikh mengatakan kayaknya dia kerja sama dengan jin, semua yang dilakukan sebagai syarat kepada jin untuk mendapatkan yang katanya karomah.

Baca juga: Para Wali Besar di Balik Puncak Peradaban dan Perubahan di Dunia Islam

2. Kisah seorang Doktor terkenal di hadhromaut, ngajar disalah satu kampus terkenal,ceramah kemana-mana,bahkan sering di undang ke indo,dia dklaim sebagai wali Allah juga, lalu kita dapati dia mencabuli seorang santriwatinya yang berasal dari asia tenggara.

Ini 2 kisah yang bisa kami pertanggung jawabkan, sebenarnya masih banyak lagi kisah lain yang derajatnya sampai mutawatir tapi kami gak bisa menjazm kalau itu benar.

Lagi-lagi ini sebagai dalil bahwa ilmu kita sangat terbatas untuk mengetahui hakikat seseorang ,terkadang ada yang kita klaim sebagai wali Allah ternyata dimata Allah dia adalah orang terfasiq dimuka bumi,ada juga yang kita klaim penjahat eh ternyata dia wali Allah yang mencintai Allah dan rosul-Nya.

Oleh: Faruq Sinambela

Demikian Artikel " Jangan Mudah Menyebut Seseorang Sebagai Wali Allah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close