Al 'alim al Alamah al Arif billah: Arti, Perbedaan dan Contohnya

AL 'ALIM AL ALAMAH AL ARIF BILLAH: ARTI, PERBEDAAN DAN CONTOHNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Umat islam zaman dahulu mereka menciptakan berbagai macam gelar terhormat untuk ulama-ulama yang dianggap memiliki tingkat (maqom) keilmuan dan kesalihannya. Gelar-gelar tersebut tidak bisa sembarang orang untuk mendapatkannya. Tentu ada syarat yang mesti dipenuhi agar gelar tersebut bisa disematkan.

Mungkin kita pernah mendengar ulama saat ceramah menyebutkan kalimat Al 'alim al alamah al Arif billah sebelum menyebut nama seorang ulama, terutama ulama besar (yang memiliki pengaruh besar terhadap dunia islam dan perkembangannya).

Arti Gelar Al 'alim al alamah al Arif billah

Sebenarnya gelar Al 'alim al alamah al Arif billah itu merupakan 3 gelar yang disebutkan menjadi 1 kalimat. Adapun ketiga gelar tersebut memiliki arti yang berbeda, Berikut kami jelaskan mengenai gelar dari Al 'alim al alamah al Arif billah:

$ads={1}

1. Al' Alim

Al' Alim artinya seseorang yang menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Al'alim bisa disebut juga dengan orang  yang bertaqwa kepada Allah Swt. Oleh sebab itu kita sering mendengar istilah "alim" ini untuk dinisbatkan ke orang yang rajin ibadahnya dan taatnya terhadap syari'at dan agama.

2. Al Alamah

Al-Alamah merupakan gelar tertinggi di zaman dahulu yang dinisbatkan ke ulama tertentu. Untuk mendapatkan gelar tersebut pun juga sangat susah, Apalagi seperti zaman sekarang ini. Namun ada satu ulama besar zaman sekarang yang ketika menyebut namanya diawali dengan Al 'alim al alamah al Arif billah yaitu Al Habib Umar bin Hafidz. 

Ada syarat untuk mendapatkan gelar ini, yaitu menguasai 12 cabang ilmu, memahaminya, mengaplikasikannya serta mengetahui dan menghapal seluruh dalilnya. Kemudian mempertahankan dalilnya dari kritikan (an-nudhar). Ketika tahap itu telah digapai maka mereka akan diberi gelar al-‘Alamah oleh ulama yang telah mencapai tahap itu terlebih dahulu.

Baca juga: Daftar Gelar Para Ulama di Dunia

3. Al Arif Billah

Arti dari Al Arif Billah dapat dipahami melalui penjelasan dari Syekh Ramadhan al Buthi di dalam kitab Al-Hikam Al-Athaiyyah, Syarhun wa Tahlilun, Beirut, Darul Fikr Al-Muashir, cetak ulang 2003 M/1424 H, juz II, halaman 471-472):

Al-Arif billah adalah orang yang dengan tauhid, kepercayaan, tawakal, dan kepasarahannya kepada Allah mencapai derajat di mana kehendak-kehendaknya fana dalam kehendak/iradah-Nya, sebab-sebab atau alasan lenyap di bawah kuasa-Nya, dan semua yang tampak meleleh pada cahaya terang penyaksian-Nya........"

Jika disimpulkan maka arti dari kalimat Al 'alim al alamah al Arif billah adalah Orang yang taat, cerdas dan Bertawakkal kepada Allah Subhanahu Wa ta 'alaa.

Penulis: Rumah-muslimin

Demikian Artikel " Al 'alim al Alamah al Arif billah: Arti, Perbedaan dan Contohnya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close