Aktivitas Sehari-hari Habib Umar bin Hafidz

Aktivitas Sehari-hari Habib Umar bin Hafidz

AKTIVITAS SEHARI-HARI HABIB UMAR BIN HAFIDZ

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Menurut mayoritas ulama kontemporer saat ini, Sosok ulama yang perlu ditiru akhlaknya, adabnya dan beragamanya yaitu Al Habib Umar bin Hafidz. Karena beliau merupakan ulama representatif dari Al-Qur'an dan Al-Hadits. Mereka berkata demikian bukan tanpa alasan, menurut penuturan dari beberapa orang terdekat dan murid-murid beliau bahwa adab, akhlak serta aktivitas sehari-harinya tidak terlepas seperti yang digambarkan dalam Al-Qur'an dan Al-Hadist. Oleh sebab itu kenapa ketika sebelum memanggil nama beliau didahului kalimat Al 'alim al alamah al Arif billah.

Bukan hanya memiliki akhlak dan adab yang mulia saja, namun beliau juga disebut sebagai samudera ilmu yang penuh barokah, Artinya bagi siapa saja yang belajar kepada Habib Umar maka ilmu yang  didapatkan bukan hanya sebatas ilmu materi saja, namun ia juga mendapatkan keberkahan dari ilmu tersebut. Karena ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang barokah.

Baca juga: Kota Tarim: Sejarah, Kisah, Ulama dan Pemandangannya

Berbicara mengenai sosok Habib Umar bin Hafidz, tentu kita sebagai muhibbinnya penasaran bagaimana aktivitas beliau sehari-hari ketika di rumah dan bersama keluarganya.

Berikut kami rangkum kegiatan sehari-hari Habib Umar bin Hafidz yang diceritakan oleh Habib Ahmad Mujtaba bin Syihab di podcast Deddy Corbuzier pada 24 Agustus 2023 kemarin:

$ads={1}

Jadwal Harian Sayyidil Habib Umar bin Hafidz

- 2-3 jam sebelum subuh: Bangun tahajjud, berkhalwat di ruangan pribadi beliau.

- 1 jam sebelum subuh: Ke Darul Musthafa membaca Al-Qur'an bersama santri-santri yang hafal Al-Qur'an. Membaca wirid tahajjud bersama para santri.

- Subuh : Shalat Subuh berjamaah dan wirid subuh.

- Setelah subuh - isyrak: Mengajar kelas pertama. Shalat 4 rakaat membaca 1 juz didalamnya (shalat isyrak dan dhuha ).

- 06.30: Pulang ke rumah. Menemui tamu atau makan pagi bersama keluarga dan masing- masing anggota keluarga belajar dengan beliau (belajar kitab atau kalau yang masih kecil kecil belajar alif ba ta).

- Sekitar jam 9 pagi atau bisa lebih dari itu (tergantung masa belajar bersama keluarga): istirahat/ tidur sebentar. Beliau selalu menyempatkan tidur siang sekitar setengah jam.

- 10.30: Bangun dan bersiap siap.

- 11.00: Ke kantor Darul Musthafa duduk sama asisten beliau, kalau ada yang perlu ditandatangani beliau tandatangani atau kalau ada yang perlu beliau tulis beliau tulis.

- Dzuhur: Shalat di Darul Musthafa. Menghadiri acara acara umum di Tarim seperti walimah, pernikahan atau aqiqahan. Pulang ke rumah dan menjamu tamu. 

- Asar: Shalat di Darul Musthafa. Rouhah sampai jam 5 sore.

- 17.00: Pulang ke rumah, ganti baju. Kalau ada tamu yang harus ditemui beliau temui, atau kalau ada yang meninggal beliau hadir jenazah walau beliau tidak kenal siapa yang meninggal tersebut. Pulang ke rumah dan bersiap siap shalat.

- Maghrib : Shalat maghrib di Darul Musthafa. Halaqah Al-Qur'an mengaji bersama santri santri yang penghafal Al-Qur'an.

- Antara maghrib dan isya biasanya beliau ada pengajian pengajian di luar.

- Isya: Terkadang shalat isya di Darul Musthafa, kadang juga, shalat di luar.

- Ba'da isya ada acara acara umum seperti maulid atau pengajian umum.

- Sekitar jam 9 malam: Pulang ke rumah dan menemui tamu, biasanya sampai jam 12 malam. Setelah itu beliau istirahat.

Kegiatan sehari-hari habib umar
Jadwal Aktivitas Sehari-hari Habib Umar

Kegiatan sehari-hari habib umar
Jadwal Aktivitas Sehari-hari Habib Umar

Ditulis ulang oleh: Sumaiya Sufyan

Editor: Rumah-muslimin

Demikian Artikel " Aktivitas Sehari-hari Habib Umar bin Hafidz "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close