Sikap Makmum Saat Muadzin Sedang Iqamah

SIKAP MAKMUM SAAT MUADZIN SEDANG IQAMAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Disaat sholat berjamaah di mushola maupun masjid umumnya ketika sang muazzin iqamah (qomat) para jama'ah serta imam berdiri untuk merapatkan shaf dan bersiap-siap melangsungkan sholat. Benarkah hal tersebut diperbolehkan? dan bagaimana sikap kita ketika muadzin sedang iqomah?

$ads={1}

Imam Asy Syirazi dalam Al Muhazzab menyebutkan: 

إذا أراد أن يصلى في جماعة لم يقم حتي يفرغ المؤذن من الاقامة لانه ليس بوقت للدخول في الصلاة والدليل عليه ما روى أبو أمامة أن بلالا أخذ في الاقامة فلما قال قد قامت الصلاة قال النبي صلى الله عليه وسلم " أقامها الله وأدامها " وقال في سائر الاقامة مثل ما يقول له فإذا فرغ المؤذن قام

Apabila akan melaksanakan shalat jama'ah, janganlah berdiri sampai muazzin menyelesaikan iqamah, karena belum waktunya masuk dalam shalat. Dalil untuk masalah ini hadis yang diriwayatkan Abu Umamah, ia mengisahkan ketika Bilal membaca qad qamati shalah, Nabi saw menjawab aqamahallahu wa adamaha. Nabi menjawab semua lafaz azan dengan mengulanginya, setelah selesai Muazzin Nabi pun berdiri.

Baca juga: Hukum Niat Menjadi Imam Meski Tidak Ada Makmum Saat Shalat

Imam Nawawi mengatakan hadis ini dhaif, namun iapun menyepakati kesunnahan berdiri setelah selesai iqamah. Dalam Majmu' disebutkan: 

أَمَّا حُكْمُ الْمَسْأَلَةِ فَمَذْهَبُنَا أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ لِلْإِمَامِ وَالْمَأْمُومِ أَنْ لَا يَقُومَا حَتَّى يَفْرُغَ الْمُؤَذِّنُ مِنْ الْإِقَامَةِ فإذا فرع قاما مُتَّصِلًا بِفَرَاغِهِ

Adapun hukum dalam masalah ini, Mazhab kami (Syafi'i) mengatakan sunnah bagi Imam dan Makmum untuk tidak berdiri sampai selesai muazzin mengumandangkan iqamah, setelah selesai barulah mereka langsung berdiri.

Bagi pendapat yang mengatakan boleh berdirinya saat iqamah berlangsung itu juga benar. Karena ada khilaf dalam perkara ini.

Wallahu a'lam.

Sumber: Surau Nurul Azhar

Editor: Rumah-muslimin

Demikian Artikel " Sikap Makmum Saat Muadzin Sedang Iqamah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close