Berdoa Di Samping Kuburan Orang soleh, Bolehkah?

BERDOA DI SAMPING KUBURAN ORANG SOLEH, BOLEHKAH?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Quburiyun (para penyembah kubur), itulah celaan yang dilontarkan kaum akal pendek terhadap mereka yang menyengajakan diri pergi ke kuburan orang soleh dan berdoa di tempat tersebut.

Perlu diketahui bahwa menurut para Ulama ahlussunnah wal jamaah masalah ini masuk dalam bab "berdo'a di tempat yang diberkahi", dengan keyakinan mencucurnya rahmat dari Allah di tempat tersebut. Jadi, persepsi berbeda antara penuduh dan pelaku menyebabkan beda hukum. Si penuduh menganggapnya meminta ke isi kubur, sedangkan pelaku hanya memilih tempat yang diberkahi agar doa lebih dikabulkan.

Baca juga: Apakah Bertawassul Kepada Wali Dapat Merusak Akidah?

Mengapa kuburan orang-orang soleh diyakini keberkahannya? karena di tempat itu kekasih Allah dikebumikan. Imam Al Hafizh Adz Dzahabi menggolongkan kuburan orang Soleh sebagai tempat yang mustajab. Ini terlihat ketika ia menjelaskan biograpi Sayyidah Nafisah:

الدعاء مستجاب عند قبرها ، بل وعند قبور الأنبياء والصالحين.... 

$ads={1}

Doa dikabulkan di kuburannya, sebagaimana dikabulkan di kuburan para Nabi dan orang-orang Soleh. (Siyar A'lam An Nubala'). Tidak hanya ini, Adz Dzahabi juga memberikan komentar yang sama terhadap beberapa kuburan orang soleh lainnya.

Pendapat yang sama juga dapaat ditemukan dari Ibrahim Al Harbi, seorang Ulama hadis yang mengomentari kuburan Al Karkhi:

قبر معروف الترياق المجرب

Kuburan yang dikenal penawar yang mujarab

Catatan; kuburan Imam Al Karkhi ini dikenal sebagai kuburan yang mustajab jika berdoa di tempat itu.

Ada komentar Muhammad bin Abdul Wahab dalam hal ini:

هذا هو صواب بلا ريب ، وكون الشارح ذكر كلام الحربي أن القبر معروف الترياق المجرب ، فهذا لا ينكر ، لأن العلماء يذكرون في المسألة القولين أو أكثر.

Ini benar dan tidak diragukan, pensyarah menyebutkan ucapan Al Harbi bahwa kuburan itu penawar yang mujarab, ini tidak diinkari karena para Ulama menyebutkannya dalam beberapa pendapat. (Ad Durar As Saniah)

Sumber: Surau Nurul Azhar

Demikian Artikel " Berdoa Di Samping Kuburan Orang soleh, Bolehkah? "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close