Potret Madrasah Asy'ariyah Maturidiyah Tahun 792-1150 Hijriyah

POTRET MADRASAH ASY'ARIYAH MATURIDIYAH TAHUN 792-1150 HIJRIYAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Potret Madrasah Asy'ariyyah - Maturidiyyah dari Masa Sa'duddin al-Taftazani (w. 792 H), al-Sayyid al-Syarif al-Jurjani (w. 816 H) hingga Mastji Zâdah (w. 1150 H)

Potret Madrasah Asy'ariyah Maturidiyah Tahun 792-1150 Hijriyah
Potret Madrasah Asy'ariyah Maturidiyah Tahun 792-1150 Hijriyah

إن المولى التفتازاني ذكر في شرحه للمقاصد المشهور من أهل السنة والجماعة في ديار خراسان والعراق والشام واكثر الأقطار هم الأشاعرة، اصحاب ابي الحسن علي بن إسماعيل بن إسحاق بن سالم بن عبد الله بن ابي بردة بن أبي موسى الأشعري صاحب رسول الله ﷺ، اول من خالف أبا علي الجبائي ورجع عن مذهبه إلى السنة أي طريقة النبي ﷺ والجماعة أي طريقة الصحابة رضوان الله تعالى عليهم أجمعين، وفي ديار ما وراء النهر الماتريدية اصحاب ابي منصور الماتريدي تلميذ ابي نصر العياضي تلميذ ابي بكر الجوزجاني (صاحب سليمان الجوزجاني)، تلميذ محمد بن الحسن الشيباني. وماتريد قرية من قرى سمرقند.  

Al-Maula Al-Taftazani menuturkan dalam syarh al-Maqâshid beliau: Ahlussunnah wal jamaah yang masyhur di negeri Khurasan, Irak, Syam, dan mayoritas negeri-negeri yang lain adalah Asya-irah, pengikut Abil Hasan Ali bin Ismail bin Ishaq bin Salim bin Abdillah bin Abi Burdah bin Abi Musa al-Asy'ari, sahabat Rasulillah ﷺ. Beliau adalah orang yang pertama kali kontra terhadap Abu Ali Al-Jubbâ-i dan kembali dari madzhabnya ke al-sunnah dalam arti metode Nabi ﷺ dan al-Jamaah dalam arti metode para sahabat -Semoga Allah meridhoi mereka semua-. Sementara itu, di negeri Mâ warô-an nahr (kini Transoxiana dan sekitarnya) adalah Maturidiyyah, pengikut Abu Manshur al-Maturidi, murid Abu Nashr al-Iyyâdhi, murid Abu Bakr al-Jûzajâni (murid Sulaiman al-Jûzajâni), murid Muhammad bin al-Hasan al-Syaibâni. Mâturîd merupakan (nama) sebuah desa di Samarkhan.

$ads={1}

قلت: هذا في زمان المولى وعصره، وأما في عصرنا هذا فبلاد خراسان كلها سوى بلخ في أيدي الروافض خذلهم الله تعالى. فالمشهور في تلك البلاد اليوم آراؤهم المنكرة. ثم إن  المشهور في بلاد المغاربة عقائد الأشعرية لأن الغالب على تلك البلاد مذهب الإمام مالك بن أنس رضي الله عنه والمالكية في المعتقدات توافق الأشعرية. وفي بلاد الهند على كثرتها وسعتها وبلاد الروم على كثرتها/وسعتها مع كونهم بأسرهم حنفية المتداول والشائع هو الكتب الكلامية للأشاعرة مثل الابكار للآمدي ونهاية العقول والأربعين للإمام والمواقف والمقاصد وشرحهما. وأما الكتب الكلامية للحنفية مع أنها كثيرة ما بين مطول ومختصر  ومجمل والمفصل لم يشتهر في تلك البلاد إلا بعض المختصرات منها مثل الفقه الأكبر ولامية الأوشي ومتن العقائد للإمام أبي حفص عمر النسفي.

Komentarku -Mastji Zâdah-:

Itu terjadi di masa al-Maula (al-Taftazâni). Adapun di masa kita ini (masa Mastji Zâdah), maka seluruh negeri Khurasan, kecuali Balkh berada di kekuasaan orang-orang Rafhidhah -Mudah-mudahan Allah menyesatkan mereka-, sehingga yang masyhur di negeri tersebut saat ini adalah pendapat-pendapat mungkar mereka. Kemudian, yang masyhur di negeri Maghrib (Maroko dan sekitarnya) adalah aqidah al-Asy'ariyyah karena umumnya penduduk negeri itu mengikuti madzhab Imam Malik bin Anas Radhiyallahu 'anhu, sedangkan pengikut Madzhab Maliki dalam hal aqidah bersesuaian  dengan Asy'ariyyah. Sedangkan di negeri India dan Rum (kini Turki dan sekitarnya) yang paling banyak dan luas meski mereka menganut Madzhab Hanafi, yang paling tersebar luas adalah kitab-kitab Ilmu Kalam karya Ulama Asyairah seperti al-Abkâr karya al-Amidi; Nihayatul Uqul dan al-Arbain karya al-Imam (Fakhruddin al-Razi); al-Mawâqif, al-Maqâshid dan kitab-kitab syarh kedua kitab tersebut. Adapun kitab-kitab Ilmu Kalam karya Ulama Hanafi meskipun banyak baik itu muthowwal (panjang penjelasannya), mukhtashor (ringkasan), mujmal (global), maupun mufashshal (detail), tidak populer di negeri-negeri itu kecuali beberapa mukhtashar seperti al-Fiqh al-Akbar, Lâmiyyah al-Ausy, dan matan al-Aqâid karya al-Imam Abi Hafs Umar al-Nasafi.

قال السيد الشريف الجرجاني في رسالته المسمى ببيان الفرق الضالة: إعلم أن ابا حنيفة رحمه الله والذين يقلدون له في أحكام الفقه  هم في باب الإعتقاد يذهبون موافقا لمذهب الشيخ الثاني - أي أبي منصور الماتريدي- وأن الشافعي ومن تبعه في أحكام الفقه يذهبون موافقا لمذهب الشيخ الأول -أي أبي الحسن الأشعري- في باب الإعتقاد.  وأن الماتريدية في باب الإعتقاد حنفيون في باب الأعمال كما أن الأشعرية في باب الإعتقاد هم الشافعيون في باب الأعمال لأن الشيخين المذكورين - أبا الحسن الأشعري وأبا منصور الماتريدي- قد جاءا بعد مدة كثيرة من من زمان الإمامين. ثم اعلم أن المعتزلة في أكثر الأحكام الفقهية حنفيو المذهب. 

Al-Sayyid al-Syarif al-Jurjani berkata dalam risalah Bayân al-furûq al-Dhâllah: Ketahuilah bahwasanya Abu Hanifah Rahimahullah dan orang-orang yang mengikuti beliau dalam hukum fiqh, mereka itu dalam masalah i'tiqad berpendapat sesuai dengan madzhab Syekh yang kedua -yakni Abu Mansur al-Maturidi-, sedangkan al-Syafii dan orang-orang yang mengikuti beliau dalam hukum fiqh, mereka itu dalam masalah i'tiqad berpendapat sesuai dengan madzhab Syekh Awal -yakni Abul Hasan al-Asy'ari-. Dan bahwa Maturidiyyah dalam persoalan I'tiqad merupakan penganut madzhab Hanafi dalam persoalan amal sebagaimana Al-Asy'ariyyah dalam masalah i'tiqad, mereka adalah penganut Madzhab Syafi'i dalam masalah amal. Karena dua syaikh tersebut -Abul Hasan al-Asy'ari dan Abu Manshur al-Maturidi- datang pasca waktu yang lama sejak masa kedua imam tersebut. Kemudian, ketahuilah bahwa Mu'tazilah dalam masalah hukum fiqh, mayoritasnya bermadzhab Hanafi.

Oleh: Ustadz Nur Hasim (نور هاشم)

Demikian Artikel " Potret Madrasah Asy'ariyah Maturidiyah Tahun 792-1150 Hijriyah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close