12 Cara Melembutkan Hati yang Keras Dalam Islam

Cara Melembutkan Hati yang Keras

12 CARA MELEMBUTKAN HATI YANG KERAS DALAM ISLAM

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Kerasnya hati menjadi masalah besar ketika tidak diobati sesegera mungkin. Pemicu kerasnya hati karena adanya kelalaian dalam beribadah dan mengingat Allah Swt, selain itu faktor kerasnya hati disebabkan rasa kecintaan terhadap dunia (hubbud dunya) yang begitu berlebihan tanpa diiringi dengan amal sholeh.

Beberapa ulama memberikan dawuh/nasehat bagaimana cara mengobati hati yang keras agar menjadi lembut kembali, dawuh/nasehat ini dikutip melalui kitab Ithâf al-Sâdat al-Muttaqîn dan Dzammul Hawa.

قال النبي ﷺ:

إن هذه القلوبَ تَصْدَأُ كما يَصْدَأُ الحديدُ إذا أصابه الماءُ، قيل : يا رسولَ اللهِ وما جَلاؤُها ؟ ! قال : كثرةُ ذِكْرِ الموتِ، وتلاوةُ القرآنِ

Nabi ﷺ bersabda:

Sesungguhnya jantung-jantung hati ini akan berkarat layaknya besi yang berkarat ketika terkena air. 

Ditanyakanlah pada beliau: Yâ Rasûlallâh! Lantas apa yang akan membuatnya cemerlang?

Beliau bersabda: Banyak ingat mati dan membaca al-Quran. 

قال العراقي: رواه البيهقي في الشعب من حديث ابن عمر بسند ضعيف. وقال الحافظ المرتضى الزبيدي: وفي المعجم الصغير للطبراني وجلاءها الإستغفار.

Komentar al-Imam al-Iraqi: Hadits itu diriwayatkan al-Imam al-Baihaqi dalam Syuab (al-Iman) dari hadits riwayat Ibnu Umar dengan sanad dha'if.

Sedangkan al-Hâfidz al-Murtadho Al-Zabidi berkomentar: Dan hadits tersebut terdapat dalam al-Mu'jam al-Shaghir karya al-Imam al-Thabarani dengan redaksi: dan yang membuatnya cemerlang adalah istighfar.

$ads={1}

=====

قال محمد بن جعفر وحدثنا حماد بن الحسن قال حدثنا سيار عن جعفر بن سليمان عن المعلى بن زياد قال قال رجل للحسن يا أبا سعيد أشكو إليك قسوة قلبي قال أذبه من الذكر

Muhammad bin Ja'far berkata: Dan telah menceritakan pada kami Hammâd bin al-Hasan, beliau berkata: telah menceritakan pada kami Sayyâr dari Ja'far bin Sulaiman dari  al-Ma'la bin Ziyâd, beliau berkata: Seseorang berkata pada al-Hasan: Ya Aba Sa'id! Aku mengadukan padamu kerasnya hatiku.

Beliau menjawab: Lelehkanlah ia dengan dzikir. 

وقد روي أن رجلا سأل عائشة ما دواء قسوة القلب فأمرته بعيادة المرضى وتشييع الجنائز وتوقع الموت

Diriwayatkan bahwa seseorang bertanya pada Sayyidah Aisyah: Apa obat kerasnya hati?

Beliau pun memerintahkan untuk mengunjungi orang sakit, mengantar jenazah (ke pemakaman), dan membayangkan kematian.

 وشكا ذلك رجل إلى مالك بن دينار فقال أدمن الصيام فإن وجدت قسوة فأطل القيام فإن وجدت قسوة فأقل الطعام 

Dan ada pula orang yang mengadukan kerasnya hati pada Malik bin Dinar, beliau pun menjawab: Dawamkan puasa. Jika Engkau masih merasakan kerasnya hati maka panjangkan qiyâm (shalat). Jika masih merasakan kerasnya hati, minimalkan makan. 

وسئل ابن المبارك ما دواء القلب فقال قلة الملاقاة

Sementara itu, Ibnul Mubarak ditanya apa obat hati? Beliau menjawab: Meminimkan kumpul-kumpul. 

أخبرنا محمد بن ناصر قال أنبأنا أحمد بن علي بن خلف قال أنبأنا أبو عبد الرحمن السلمي قال أنبأنا عبد الواحد بن بكر الورثاني قال حدثنا أبو الأزهر الميفارقيني قال سمعت فتح بن شخرف يقول حدثني عبد الله بن خبيق قال خلق الله القلوب مساكن للذكر فصارت مساكن للشهوات ولا يمحو الشهوات من القلوب إلا خوف مزعج أو شوق مقلق 

Telah meriwayatkan pada kami Muhammad bin Nâshir, beliau berkata: Telah meriwayatkan pada kami Ahmad bin Ali bin Khalaf, beliau berkata: Telah meriwayatkan pada kami Abu AbdirRahman al-Sulami, beliau berkata: Telah meriwayatkan pada kami Abdul Wahid bin Bakr al-Waratsani, beliau berkata: Telah meriwayatkan pada kami Abul Azhar al-Mifaraqni, beliau berkata: Telah meriwayatkan pada kami Fath bin Syakhraf, beliau berkata: Telah meriwayatkan pada kami Abdullah bin Khabiq, beliau berkata: Allah menciptakan hati sangat butuh pada dzikir, hingga ia menjadi sangat butuh pada syahwat-syahwat. Sementara Allah tak kan menghapus syahwat-syahwat dari hati kecuali rasa takut yang menggetarkan atau rasa rindu yang menggelisahkan. 

Baca juga: Harta Dapat Membuat Orang Menjadi Lalai Atau Taat Kepada Allah

قال السلمي وسمعت أحمد بن علي بن جعفر يقول سمعت الأزدي يقول سمعت إبراهيم الخواص يقول دواء القلب خمسة أشياء قراءة القرآن بالتدبر وخلاء البطن وقيام الليل والتضرع عند السحر ومجالسة الصالحين

Al-Sulami berkata: Dan Aku mendengar Ahmad bin Ali bin Ja'far, beliau mengatakan: Aku mendengar al-Azdi mengatakan: Aku mendengar Ibrahim al-Khawwâsh mengatakan:

Obat hati itu 5 perkara:

(1) Membaca al-Quran dengan tadabbur

(2) Mengosongkan perut

(3) Qiyamul lail

(4) Tadharru' di waktu sahur

(5) Bermajelis dengan orang-orang shalih

Referensi: Ithâf al-Sâdat al-Muttaqîn dan Dzammul Hawa

=====

Jika ditarik kesimpulan,  maka ada 12 obat kerasnya hati yang dapat kita amalkan, diantaranya yaitu:

1. Dzikir

2. Mengunjungi orang sakit

3. Mengantar jenazah

4. Membayangkan kematian

5. Panjangkan qiyam (saat shalat)

6. Minimalkan makan

7. Minimalkan kumpul-kumpul

8. Membaca al-Quran dengan tadabbur

9. Mengosongkan perut

10. Qiyamul lail

11. Tadharru' di waktu sahur

12. Bermajelis dengan orang-orang shalih

Oleh: Ustadz Nur Hasim (نور هاشم)

Editor: rumah-muslimin

Demikian Artikel " 12 Cara Melembutkan Hati yang Keras Dalam Islam "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close