5 Fakta Aksi Bela Palestina 5 November 2023 di Jakarta

5 FAKTA AKSI BELA PALESTINA 5 NOVEMBER 2023 DI JAKARTA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Aksi bela Palestina yang dilaksanakan pada minggu, (05/11/23) di Lapangan silang monas, Jakarta Pusat dihadiri lebih dari ratusan ribu peserta. Aksi ini dilakukan untuk mengutuk keras atas penyerangan zionis israel ke warga palestina di jalur gaza.

Aksi ini dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB - selesai dan dihadiri berbagai elemen masyarakat seperti MUI, Ormas keagamaan (Islam, kristen, katolik, Hindu, Budha dan Konghucu), Kemahasiswaan, Organisasi perempuan, Komunitas, Majelis taklim, Lembaga-lembaga pendidikan dan lain-lain.

Ada 5 fakta menarik yang mesti sobat rumah-muslimin ketahui mengenai aksi yang dilakukan oleh aliansi aksi bela palestina hari ini. Berikut 5 fakta yang berhasil kami rangkum dari data yang kami dapatkan:

$ads={1}

1. Aksi Kemanusiaan

Aksi bela palestina yang dilaksanakan pada 5 November 2023 merupakan sebuah aksi kemanusiaan yang dilakukan berbagai elemen masyarakat. Diantarnya yaitu MUI, Ormas keagamaan (Islam, kristen, katolik, Hindu, Budha dan Konghucu), Kemahasiswaan, Organisasi perempuan, Komunitas, Majelis taklim, Lembaga-lembaga pendidikan dan lain-lainnya.

2. Bukan Aksi Bela Agama

Aksi yang dilakukan pada 5 November 2023 bukanlah sebuah aksi bela agama tertentu (red. islam). Aksi ini merupakan bentuk protes keras rakyat Indonesia kepada Israel yang sudah lebih dari sebulan ini menyerang jalur gaza dan menyebabkan lebih dari 9.000 korban jiwa.

Selain itu, lebih dari 1 juta penduduk yang berada di jalur gaza migrasi ke tempat yang lebih aman, ratusan masjid, puluhan rumah sakit, beberapa camp pengugsian serta seluruh universitas dan sekolah di bombardir oleh zionis Israel dalam sebulan terakhir.

3. Diikuti Artis, Tokoh Politik dan Lintas Agama

Fakta menarik lainnya yaitu Aksi bela palestina kali ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat tanpa melihat background agama, status sosial dan hal lainnya.

Beberapa tokoh yang hadir dan jadi sorotan  publik antara lain Najwa syihab, Atta halilintar, Anies Baswedan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Puan Maharani dan mantan presiden RI ke 12 Jusuf Kalla. Aksi ini menuai pujian netizen di media sosial, karena aksi ini didasari atas dasar kemanusiaan bukan kepentingan kelompok dan agama tertentu.

4. Aksi diinisiasi oleh Tokoh Lintas Agama

Dari flyer ajakan mengikuti Aksi akbar bela palestina pada, minggu (05/11/23). Faktanya, aksi ini diinisiasi oleh tokoh lintas agama. Seperti Ustadz Bachtiar Nasir sebagai ketua korlap, Seketaris korlap Pendeta Jimmy Sormin,  dan ketua pengarah Prof. Dr. M. Din Syamsuddin.

Selain itu, beberapa tokoh lintas agama juga menyampaikan pesan dan kecaman di panggung utama terhadap zionis israel yang telah membabi buta menyerang warga palestina melalui jalur gaza.

5. Tuntutan Aksi Bela Palestina 5 November 2023

Selain doa bersama, ada beberapa tuntutan yang dilayangkan dari aksi bela palestina hari ini, minggu (05/11/23). Diantara tuntutannya yaitu:

- Hentikan penindasan, Penyerangan

- Gencatan senjata

- Hentikan peperangan dan Ciptakan kedamaian

- Hentikan penjajahan yang dilakukan Israel kepada Palestina

(H/S)
Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close