Cara Memakai Sarung yang Benar Saat Shalat Sesuai Syariat

CARA MEMAKAI SARUNG YANG BENAR SAAT SHALAT SESUAI SYARIAT

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Sholat merupakan ibadah yang wajib dijalankan bagi umat muslim yang telah aqil baligh. Muslim yang telah aqil baliqh dapat disebut sebagai mukallaf, orang yang telah dikenakan kewajiban menjalankan syari'at seperti sholat, zakat, puasa dan pergi haji ke baitullah bila mampu.

Sholat memiliki rukun dan syarat yang mesti dipenuhi. Tidak bisa sembarang orang menjalankan sholat tanpa memperhatikan syarat dan rukunnya, karena ditakutkannya shalat yang dijalankan tidak sah di sisi Allah Swt.

$ads={1}

Salah satu hal yang mesti diperhatikan saat shalat adalah pakaian. Pakaian menjadi salah satu syarat sahnya sholat. Jika sholat tidak menggunakan pakaian seperti yang disyariatkan (menutup aurat), maka shalatnya tidak sah dan perlu mengulanginya kembali.

Dalam kitab Sullamul Munaajaat halaman 12-13 :

الرابع ستر ما بين سرة الرجل وركبتيه وجميع بدن المرأة إلا وجها وكفيها ويجب عليها ستر جزء من جوانب وجه والكفين وعلى الرجل ستر جزء من سرته وما حذاها وجوانب ركبتيه وعليهما الستر من الجوانب لا من أسفل

Syarat sholat yang ke empat adalah menutup bagian tubuh antara pusar laki-laki dan kedua lututnya. Dan seluruh tubuh wanita kecuali wajah dan kedua telapak tangannya. 

Tata Cara Menutup Aurat yang benar Saat Shalat

Wajib bagi perempuan menutup satu bagian dari bagian dari sisi wajah dan kedua telapak tangannya. Dan bagi laki-laki wajib menutup satu bagian dari pusar dan yang searah dengan pusar serta kedua lututnya. 

Baca juga: Tata Cara Mengerjakan Shalat di Akhir Waktu

Dan bagi laki-laki dan perempuan wajib menutup dari semua arah tetapi bukan dari arah bawah.

Bagi laki-laki yang menggunakan sarung dan biar aman pusarnya harus di tutupi (lihat gambar diatas). karena bila sarung berada dibawah pusar terkadang terlihat auratnya dari sela-sela lubang kancing baju.

Bagi perempuan dagu harus tertutup (juga sisi wajah yang lain) dan kedua telapak tangan harus ditutup (menggunakan karet atau benda lainnya)

Ini adalah cara sholat yang sah dalam mazhab syafi'i, mengingat di Indonesia mayoritas muslim bermazhab syafi'i.

Oleh: Rumah-muslimin

Demikian Artikel " Cara Memakai Sarung yang Benar Saat Shalat Untuk Menutupi Aurat "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close