Pembelaan Syekh Sulaiman Dunya Kepada Para Falasifah

PEMBELAAN SYEKH SULAIMAN DUNYA KEPADA PARA FALASIFAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Tahafut falasifah adalah kitab yang dikarang oleh Al-Imam al-Ghozaly untuk mengungkap penyelewengan keyakinan para filosof Aristhi dari akidah islamiyah terutama dalam 3 masalah yang paling terkenal yaitu :

1.Alam semesta Qodim

2.Allah tidak mengetahui juziyyat (Detail perkara)

3.mengingkari kebangkitan dengan jasad.

bahkan para falasifah mengatakan bahwa pendapat para Nabi pada 3 masalah ini dengan pendapat yang bertentangan dengan para falasifah hanya sebagai Mashlat untuk memahamkan manusia agar lebih mudah saja untuk mereka pahami akan tetapi haqiqat keyakinan para Nabi dan apa yang mereka bawa sama dengan pendapat para falasifah.

inilah yang menjadikan al-Imam al-Ghozaly mengatakan bahwa apa yang dikatakan para falasifah seperti mendustakan para Nabi karena apa yang mereka yaqini sangat kontradiksi dengan apa yang para Nabi sampaikan dan menjadikan para Nabi berbohong agar apa yang para Nabi katakan sama dengan yang dikatakan para falasifah.

anehnya Syeh Sulaiman dunya sebagai orang yang sangat ahli dalam hal-hal yang berkaitan dengan kitab-kitab al-Imam al-Ghozaly malah mengkritik beliau dan membela falasifah dengan mengatakan bahwa apa yang dikatakan oleh falasifah bukanlah kekufuran bahkan qidamul alam ini adalah pendapat sebagian mutaakhirin mutakallimin seperti al-Khoyyali dan Assayalakuthi mengatakan bahwa al-Alam Qodim!!!

$ads={1}

padahal setelah saya baca ibarat yang beliau nukil ternyata al-Khoyali hanya menyebutkan ihtimal terhadapab Ibarat Tiftazani saja sebagai kritikan  terhadap ibarat tersebut dan itu tidak menjadikan Khoyyali meyakini qidamul A'lam.

begitu pula Taqrir isykal Khoyali oleh Assayalakuti tidak berarti bahwa Assayalakuti mengatakan al-Alam Qodim akan tetapi cuma setuju bahwa ini adalah isykal dan sangat jauh perbedaan antara keduanya!!!

Qidam a'lam walaupun cuma satu masalah akan tetapi mempunya ekor yang sangat panjang seperti ikhtiyar Allah, hari kiamat dll yang menjadi dasar dalam islam (Ma'lum minaddin bidhoruroh).

Bahkan Syeh Sulaiman dunya membawa-bawa ibn Taimiyah sebagai salah seorang muhadditshin yang berbedapat A'lam Qodim walaupun Qidam Jinsi atau Nau'i untuk membela Falasifah dengar cara kalau ibn Taimiyah tidak keluar dari Islam dengan keyakinan Qidam Nau'i kenapa falasifah terkeluar dari islam dengan Qidam A'lam?!!padahal jelas bagi seorang mutakallim ada Perbedaan sangat mendasar antara keduanya karena Qidam A'lam (Qidam Juz'i) adalah mengingkari maklum minaddin bidhoruroh berbeda dengan Qidam Nau'i.

Baca juga: Mengenal Kelompok Lafdziyyah Mutsbitah

Dari sini kita mengetahui bahwa muhaqqiq kitab mungkin tidak setuju dengan pendapat kitab yang dia tahqiqkan seperti syeh Sulaiman dunya yang lebih condong kepada mazhab Falsafah dalam masalah ini daripada ahli sunnah.

wallahu A'lam.

Oleh: Habib Ali Baqir al-Saqqaf

Demikian Artikel " Pembelaan Syekh Sulaiman Dunya Kepada Para Falasifah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close