Kesalahan Fatal Dalam Terjemahan Kitab Asy Syifa bi Ta'rifi Huquqil Musthofa

KESALAHAN FATAL DALAM TERJEMAHAN KITAB ASY SYIFA BI TA'RIFI HUQUQIL MUSTHOFA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Kesalahan fatalnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini. 

Yaitu pada penerjemahan teks arab berbunyi;

وكانت شعرات من شعره في قلنسوة خالد بن الوليد فلم يشهد بها قتالا إلا رزق النصر

Seharusnya diterjemahkan; "Beberapa helai rambut dari rambutnya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam diletakkan dalam peci Khalid bin Al Walid, dan tidaklah ia mengikuti peperangan (dengan memakai peci itu) kecuali ia mendapatkan kemenangan."

Namun dalam buku terjemahan di bawah malah diterjemahkan; "Khalid bin Walid meletakkan sedikit dari rambut binatang..."


Kenapa terjemahannya bisa salah sejauh itu?, sebab terjemah versi bahasa Indonesia ini adalah terjemahan dari terjemahan versi bahasa Inggris. Penerjemah Indonesia-nya mungkin tidak bisa bahasa asli dari kitab ini sehingga ia lebih memilih menerjemahkan dari bahasa Inggris.

Penerjemah versi Inggrisnya adalah Aisha Abdarrahman Bewley. Kalo lihat bio-nya yang saya googling, track record penerjemah ini bagus, seorang sufi juga nampaknya. 

$ads={1}

Kenapa bisa salah sefatal itu?

Mungkin kitab yang dipakai buat nerjemah formatnya seperti cetakan DKI Beirut di bawah, sehingga menyangka bahwa dhamir pada kata "sya'arihi" itu kembalinya pada kata "himar" yang disebut dalam kalimat sebelumnya, sebab antar dua qadhiyyah yang berbeda dalam cetakan itu tidak ada tanda koma ataupun titiknya sama sekali. Seandainya format cetakannya seperti cetakan Darul Faiha' atau cetakan Pemerintah Dubai seperti di bawah mungkin penerjemah bisa dengan mudah faham bahwa itu sudah beda qadhiyyah.

Lho, bukannya kisah Khalid bin Walid itu sudah masyhur?

Iya, masyhur di Nusantara ini, yang kaum muslimnya mayoritas penggemar cerita keramat. Di kalangan pelajar barat seperti penerjemah ini mungkin kisah itu tidak masyhur.

Wa Allah ta'ala a'lam

Oleh: Ustadz Ahmad Atho

Demikian Artikel "Kesalahan Fatal Dalam Terjemah Kitab Asy Syifa bi Ta'rifi Huquqil Musthofa"

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close