Konsekuensi Menjadi Imam Shalat Jika Bacaan Al-Fatihah Tidak Fasih

KONSEKUENSI MENJADI IMAM SHALAT JIKA BACAAN AL-FATIHAH TIDAK FASIH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Imam shalat merupakan orang yang memimpin shalat berjama'ah. Posisi imam berada di depan dan jama'ah di belakangnya. Jika melihat mushola maupun masjid di tempat umum, saat memasuki adzan para musafir (red. jamaah) umumnya saling mempersilahkan satu sama lain untuk menjadi imam shalat. Mereka yang melakukan hal ini bisa jadi karena bentuk tawadhu, menghormati yang lebih tua ataupun karena merasa kurangnya ilmu agama.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui, bahwa menjadi imam shalat tidak boleh sembarang orang. Karena jika tidak mengerti syarat dan rukunnya dengan benar maka ia mesti menanggung shalat seluruh jama'ah yang ikut kepadanya. 

Baca juga: Cara Memakai Sarung yang Benar Saat Shalat Sesuai Syariat

Kyai Ali Mahrus melalui akun facebooknya mengingatkan kepada imam-imam sholat berjama'ah di masjid agar memperhatikan bacaan tajwid pada suratul fatihah, sebab jika ada salah satu tasydid yang gugur maka rusak shalat yang dikerjakannya. Berikut tulisannya:

Oleh: Kyai Ali Mahrus

Tolong diperhatikan para imam-imam sholat berjamaah dimasjid. Sebaiknya jangan gengsi untuk menahan diri untuk tidak maju menjadi imam sholat bila bacaan surat Al Fatihah belum baik dan benar secara kaidah makhorijul huruf dan tajwidnya. Sebab anda akan menanggung sholat seluruh jama'ah yang ada di belakang anda. Tasydid dalam surat Al Fatihah berjumlah 14. Tak boleh gugur 1 saja. Bila gugur 1 saja, maka batal/rusak sholat yang dikerjakan. Perhatikanlah pada pelafalan "إياك" bila tasydidnya di baca selamatlah anda. Namun bila anda hilang kan tasydid dikalimat "إياك" khawatir anda jatuh dalam kekufuran karena maknanya adalah "cahaya matahari". 

$ads={1}

Sebaiknya :

"BERADABLAH dan BERILMULAH sebelum BERIBADAH."

hari ini banyak yang kurang BERADAB, sudahlah tahu bahwa diri belum sepenuhnya benar dalam membaca surat Al Fatihah, namun dengan PD nya tetap maju kedepan memaksakan diri untuk menjadi imam.

Namun juga tak bijak bila yang bacaannya baik dan benar namun begitu sulit untuk maju ketika diminta menjadi imam sholat.

Sumber: Kyai Ali Mahrus 

Editor: rumah-muslimin

Demikian Artikel " Konsekuensi Menjadi Imam Shalat Jika Bacaan Al-Fatihah Tidak Fasih "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close