Mengetahui Kesucian Air di Bak Toilet Umum dan Cara Menyikapinya

MENGETAHUI KESUCIAN AIR DI BAK TOILET UMUM DAN CARA MENYIKAPINYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Umumnya setiap toilet/wc ada yang memiliki bak mandi dan ada yang menggunakan ember sebagai tempat penampungan air. Salah satu contohnya yang sering kita temui yaitu toilet di pom bensin. Biasanya, penampungan air yang digunakan menggunakan ember dengan ukuran kecil/pendek seperti gambar di bawah ini:

Air yang ada dalam timba kecil di toilet umum seperti gambar diatas jumlahnya sangat sedikit tidak sampai dua qullah. Sedangkan posisi timbah yang rendah menjadikan air di dalamnya berpotensi sangat besar kena cipratan air najis saat kita cebok. Bahkan terkadang bisa dipastikan najis karena tidak jarang di dalamnya ada kotoran cicak.

Kalau mengacu pada Madzhab resmi Imam Syafi'i air dalam timba tersebut berpotensi besar najis. Di mana dalam Madzhab Syafi'i air yang sedikit terkena najis langsung najis meski tidak berubah. Karena itu dalam kondisi normal saya biasanya mengambil gayung dan mencucinya di kran serta mengambil air langsung dari kran untuk mensucikan sebagai bentuk hati-hati.

$ads={1}

Namun terkadang ada kondisi tidak normal seperti setelah berak dan kencing ternyata air kran tidak keluar. Sedangkan satu-satunya air yang ada adalah yang ada pada timba itu.

Dalam kondisi kedua ini saya biasanya langsung banting setir mengikuti pendapat yang menyatakan bahwa air meskipun sedikit jika terkena najis tetap suci asalkan tidak berubah. Ini adalah pendapat resmi Madzhab Maliki dan banyak dipilih (ikhtiar) oleh beberapa ulama' terkemuka Madzhab Syafi'i seperti Imam Ghazali dan Ruyyani.

Baca juga: Ukuran Dua Kulah Pada Bak Mandi Sesuai Standar

Di bawah ini adalah kitab Al-Majmu' yang menjelaskan berbagai macam pendapat terkait air yang terkena najis.


Oleh: Abdul Wahid Alfaizin

Editor: Rumah-muslimin

Demikian Artikel "Mengetahui Kesucian Air di Bak Toilet Umum dan Cara Menyikapinya"

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close