Menjawab Tuduhan yang Menyatakan Habib Luthfi bin Yahya Keturunan Yahudi

MENJAWAB TUDUHAN YANG MENYATAKAN HABIB LUTHFI BIN YAHYA KETURUNAN  YAHUDI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Habib Lutfhi bin yahya atau yang kerap disapa Abah Lutfhi merupakan salah satu tokoh ulama besar di Indonesia. Selain itu, beliau juga menjabat sebagai wantimpres dan ketua sufi internasional (dunia).

Beberapa hari terakhir, forum-forum facebook pendukung/pengikut Kyai Imaduddin menyebutkan bahwasannya Habibana Lutfhi merupakan keturunan Yahudi Ashkhenazi. Hal ini dinyatakan karena mereka merujuk pada data situs Jewish Gen, di mana marga "bin yahya" yang tertera pada situs tersebut merupakan marga yahya yang dimiliki oleh Al Habib Lutfhi bin Yahya.

Benarkah demikian?

Dari data yang kami himpun melalui fah Raden Linawati. Faktanya, data yang berada di situs Jewish Gen yang dimaksud adalah Yahya dari golongan Yahudi Portugis bukan Yahya dari marga Al Habib Lutfhi bin Yahya. Seperti pohon silsilah yang kami unggah di bawah ini.



$ads={1}

Kelompok pendukung Kyai Imaduddin cs secara serampangan membuat framing serta menggiring opini kepada masyarakat bahwa marga yahya yang tertera pada Habib Lutfhi merupakan keturunan Yahudi bukan keturunan Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam. Sehingga orang-orang awam yang tidak paham mengenai ilmu penasaban dan tes DNA ini percaya begitu saja dan termakan informasi Hoax, terutama para muhibbin ulama nusantara dan Wali songo. Ini yang perlu diluruskan dan diklarifikasi. Karena dengan adanya opini liar seperti ini dapat membuat fitnah serta kegaduhan diruang publik, khususnya di media sosial.

Padahal faktanya, Habibana Lutfhi bin yahya beserta keluarga besar saadah Ba'alawi di Indonesia belum ada sama sekali yang melakukan test DNA. Bagaimana mungkin test DNA yang belum dilakukan menjadi ada data di website tersebut?

Baca juga: Dari Mana Sampel Tes DNA Keturunan Nabi Muhammad? Ini Jawabannya

Selain itu, Publikasi nama, alamat dan bukti pendaftaran pengiriman sampel DNA ke Family Tree DNA berada di Houston, Texas, Amerika Serikat. Mengingat lembaga ini dimiliki oleh warga negara paman sam.

Adapun publikasi data valid terkait bin Yahya portugis dapat diakses melalui link berikut ini:

https://www.jewishencyclopedia.com/articles/15051-yahya

Dalam artikel secara jelas disebutkan bahwa bin yahya yang dimaksud adalah Yahudi Portugis. Selain itu, Nama Yahya juga salah satu Nabi Bani Israil yang juga termasik Nabi dalam islam. Jadi marga bin yahya ini cukup banyak dan mesti di identifikasi terlebih dahulu dan tidak boleh disimpulkan secara serampangan menurut asumsi pribadi dengan mencocoklogikannya.

Sebab, hal ini tidak ada kaitannya antara bin yahya yahudi dan bin yahya Saadah ba'alawi.

Sumber: Ifah Raden Linawati

Ditulis: rumah-muslimin.com

Demikian Artikel " Menjawab Tuduhan yang Menyatakan Habib Luthfi bin Yahya Keturunan Yahudi "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close