Dari Mana Sampel Tes DNA Keturunan Nabi Muhammad? Ini Jawabannya

DARI MANA SAMPEL TES DNA KETURUNAN NABI MUHAMMAD? INI JAWABANNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Permasalahan nasab ba'alawi hingga saat ini masih terus dibahas dan diperdebatkan melalui berbagai forum, wa bil khusus bagi mereka yang kontra dengan nasab ba'alawy. Melalui forum-forumnya, kelompok yang kontra dengan nasab ba'alawy terus menyebarkan informasi bahwasannya ba'alawy bukanlah keturunan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam karena menurut mereka ada rentang/jarak nasab yang terputus kurang lebih 400 tahun lamanya yang tidak tercatat dalam kitab tarikh.

Selain itu, mereka juga mengatakan bahwasannya jika ingin mengetahui bagaimana keaslian nasab Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam mesti melakukan tes DNA. Tes DNA sendiri menurut mereka merupakan acuan "keilmiyahan pernasaban" dan tingkat validalitasnya 90% dikarenakan sampel yang dimiliki langsung dari keturunan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Pertanyaannya adalah dari mana sampel ini berasal? dan apakah tes DNA ini valid? dan Siapa saja yang telah melakukan tes DNA? berikut kami bahas secara lengkap.

$ads={1}

NAAT Tidak Setuju dengan Tes DNA

Naat (himpunan anak cucu walisongo) dalam muktamar fiqih tidak setuju dengan adanya tes DNA. Tes DNA hanya sebatas pelengkap saja, dikarenakan sampel DNA yang tertera saat ini hanya menjangkau sampai 5-6 nasab, tidak bisa sampai ke Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Adapun yang menyatakan bahwa ba'alawy mesti melakukan tes DNA itu sebatas framing yang dilakukan dari pihak NAAT agar perkara nasab ba'alawy menjadi perhatian publik. Pihak NAAT/Keturunan walisongo bagian peneliti Nasab dalam pernyataannya tidak sepakat dengan tes DNA, hal ini seperti yang disampaikan oleh Ustadz Tengku Muda Qori dari rekaman video yang beredar.

Baca juga: Kekeliruan Kyai Imaduddin Mengenai Sumber Kitab Nasab Mesti Sezaman

Siapa yang telah Melakukan Tes DNA?

Dalam NAAT sendiri banyak yang telah melakukan tes DNA namun hasil yang didapatkan tentu bukanlah hasil yang diinginkan, salah satunya yaitu Gus Fuad Plered. Beliau telah melakukan tes DNA namun hasil silsilah yang dimiliki terputus/tidak ada sebagaimana yang disampaikan oleh Ustadz tengku dari rekaman video yang beredar,

" Wali songo rata-rata yang sudah tes DNA dan khusus yang saya sudah tahu Fuad Plered, kata Gus Plered berdalih "hilang... hilang" oleh sebab itu dari tim NAAT yang meneliti nasab sepakat bahwa tidak setuju dengan adanya tes DNA." Ujar ustadz tengku Muda Qori, Keturunan Wali songo sekaligus peneliti Nasab di NAAT.

Adapun Haplogroup-nya gus fuad plered yaitu O (Untuk wilayah Asia selatan, Asia Tenggara, Asia timur dan Asia Tengah) Adapun negara-negara arab termasuk wilayah Asia Barat.

Baca juga: Nasab Wali Songo Bersambung ke Ba'alawi, Ini Buktinya!

Dari Mana Sampel Tes DNA Keturunan Nabi Muhammad Saw? 

Dalam video yang beredar, kode/Haplogroup J1 yang dinisbatkan sebagai kode keturunan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam ternyata jika dilihat musajarnya tembus ke kanaan.

Sebagai informasi, bahwa Kanaan merupakan istilah kuno untuk wilayah yang meliputi Israel, Palestina, Lebanon, serta sebagian Yordania, Suriah.

Maka dalam artian, tes DNA dengan kode J1 merujuk ke daerah-daerah di atas. Setelah itu Ustadz Tengku Muda Qori menambahkan informasi dari mana sampel DNA J1 tersebut ada. Ia menyatakan bahwa kode J1 tersebut sampelnya berasal dari Raja Yordania. Ia menambahkan jika menjadikan rujukan kode J1 sebagai keturunan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, maka itu sebuah kesalahan. Karena bukannya keturunan Nabi melainkan ke keturunan Raja Yordania.

"Ini masalahnya bukan keturunan nabi, tapi keturunan raja yordan" Ujar tengku dalam video yang beredar.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan yang dapat kami rangkum. Bahwasannya tidak ada nasab Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam yang ilmiah jika dilihat dari kitab tarikh/nasab dan tes DNA. Jika ingin dipahami secara menyeluruh dan mengikuti pendapat jumhur ulama, maka nasab Ba'alawy-lah yang memiliki nasab paling valid walaupun ada miss pencatatan direntang 200-300 tahun sebagaimana yang tertulis dalam artikel ini (Baca juga: Silsilah Nasab Ba'alawi Paling Absah Sepanjang Masa).

Tes DNA tidak bisa dijadikan rujukan ke-ilmiyahan nasab keturunan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. Bahkan dijadikan sampel/bukti tambahan-pun tidak bisa. Jika ingin dipaksakan maka mesti mengambil sampel dari berbagai kabilah shahih lainnya seperti Qabilah Alu Hamiduddin,  Qabilah Alu Radhi dan Qabilah Alu Syadqami untuk dijadikan sumber sampel tambahan, seperti yang dijelaskan melalui artikel ini (Baca juga: Tes DNA Keturunan Nabi Muhammad Tidak Bisa Hanya Satu Sampel)

Ustadz Tengku Muda Qori merupakan Peneliti Nasab di Naat sebagai salah satu penggugat nasab Ba'alawy yang berdebat dengan Habib Hanif Al Athos beserta Tim-nya di Banten waktu lalu mengenai "Kevalidan Nasab Ba'alawy".

Ustadz Tengku Muda Qori telah mengundurkan diri/berlepas diri dari barisan yang kontra dengan Nasab Ba'alawy, menurutnya banyak kesalahan yang berada di kelompok tersebut yang tidak bisa di tolerir, sehingga ia mengikuti kata hatinya untuk keluar dari kelompok yang kontra dengan Ba'alawy.

Bagi sobat rumah-muslimin yang ingin menonton videonya bisa melihat di bawah ini:

Ditulis oleh: Rumah-muslimin

Demikian Artikel " Dari Mana Sampel Tes DNA Keturunan Nabi Muhammad> Ini Jawabannya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close