Silsilah Nasab Ba'alawi Paling Absah Sepanjang Masa

SILSILAH NASAB BA'ALAWI PALING ABSAH SEPANJANG MASA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Di tengah maraknya orang orang yang membatalkan nasab Sadah Ba'lawi dari Ahlul Bayt kami justru kaget dan tertegun ketika membaca kitab nasab شجرة الزكية karya Sayyid Yusuf bin Abdullah, beliau menukil pandangan Syekh Yusuf Al-Nabhani tentang Sadah Ba'lawi dalam kitabnya رياض الجنة, Al-Nabhani justru berpendapat sebaliknya, bahwa: "Nasab Sadah Ba'lawi adalah paling Ashoh bittifaqil ummah muhammadiyyah sepanjang masa dan di seluru penjuru dunia, tidak ada yang mempertentangkan tentang keabsahan nasab serta keutamaanya kecuali orang yang

."قلّ حظّه فى الإسلام

Dalam kitab tersebut beliau (Sayyid Yusuf) juga menjelaskan sebab sebab kenapa Sadah Ba'lawi belum dikenal kecuali setelah abad ke delapan Hijriyah.(baca kitab di bawah). 

Al-Nabhani berkata:

أن ساداتنا ال باعلوي الذي هذا الفاضل منهم -رضي الله عنهم- قد إجتمعت الأمة المحمدية فى سائر الأمصار والأقطار على أنهم من أصح أهل البيت النبوة نسبا، وأثبتهم حسبا، وأكثرهم علما وعملا وفضلا وأدبا، وهو كلهم من أهل السنة والجماعة على مذهب إمامنا الشافعي - رضي الله عنه-. .... الى ان قال.... ولا يمتري فى صحة نسبهم وكثرة فضائلهم ومزاياهم التي تميزوا بها عن الأنام ببركة جدهم -عليه الصلاة والسلام- إلا من قل حظه فى الإسلام. ....(Baca kitab di bawah). 


Syeh Yusuf Al-Nabhani adalah ulama besar Ahlussunnah, kitab kitabnya banyak dikaji dan dipelajari di belahan dunia islam, termasuk di Indonesia, seperti:

شواهد الحق , الأنوار المحمدية، جامع كرامات الأولياء. 

Dari situ kami berpikir, masa sekelas Al-Nabhani, Murtadlo Zabidi (ulama, muhaddis, ahli nasab), Niqobah Mesir dan Niqobah Irak tidak ilmiah dalam menetapkan nasab...? 

$ads={1}

Atau bisa jadi argumen-argumen mereka (yang membatalkan) yang menurut mereka ilmiah adalah ilmiah menurut mereka sendiri, bukan ilmiah menurut para ahli ilmu maupun ahli nasab..? 

والله أعلم. 

Penetapan atau pembatalan nasab Ahlul Bayt adalah merupakan sesuatu yang khothir (berbahaya) dalam literatur agama, karena berkaitan dengan nasab mulia baginda Nabi SAW. 

Karenanya, kita harus hati hati, sikap husnudzon jauh lebih baik dalam masalah ini. 

"Betapa sakitnya seorang ayah jika nasab anaknya dibatalkan oleh seseorang, betapa sakitnya seorang anak bila nasabnya pada sang ayah yang mulia dibatalkan dan dia di klaim sebagai pembohong nasab".

Kami sebagai orang awam rasanya lebih selamat mengikuti pendapat beliau-beliau yang masyhurun bil ilmi wal 'adalah dan Niqobah, apalagi Niqobatul Asyrof merupakan kumpulan Ahlul ilmi dan ahli nasab, jadi lebih kuat dan lebih terpercaya pendapat pendapatnya dibanding penelitian seorang. 

عليكم بالسواد الأَعظمْ، وإياكم بالقول الشاذِّ في أَمْرٍ مُعَظَّمْ؛ فتندمْ.

Oleh: Muhammad Yasin Rohmatullah

Demikian Artikel " Silsilah Nasab Ba'alawi Paling Absah Sepanjang Masa "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close