Biaya Kuliah S2 di Universitas Al-Azhar Mesir Terbaru

BIAYA KULIAH S2 DI UNIVERSITAS AL-AZHAR MESIR TERBARU

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Halo sobat rumah-muslimin, sebelum kita memasuki pembahasan utama, yuk simak sejarah singkat Universitas al-Azhar terlebih dahulu agar menjadi wawasan buatmu yang ingin pergi ke sana.

Sejarah Singkat Al-Azhar Mesir

Menurut sejarah, Al-Azhar itu adalah warisan dari Dinasti Fatimiyah (909-1171). Dan lembaga ini diberika nama Al-Azhar sebagai bentuk penghormatan kepada Fatimah, Putri Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Awalnya, tempat ini dibangun jadi masjid dan selesainya pada tanggal 24 Juni 972. Oleh sebab itu, Universitas Al-Azhar ini disebut-sebut sebagai universitas tertua di dunia, yang sudah berdiri sejak tahun 972. 

Setelah dibangun, masjid Al-Azhar diperbaiki oleh Khalifah Al-Mustabillah (1094-1101) dan Abdul Majid Al-Hafiz (1130-1149). Para khalifah Fatimiyah selalu mendorong supaya di masjid ini dibangun tempat belajar. 

Dan itulah saatnya masjid ini mulai dipake juga jadi madrasah, yang katanya lembaga belajar tertua di dunia. Kegiatan belajar di Al-Azhar baru dimulai tahun 975, dan di dalamnya udah ada fakultas hukum, fikih Islam, tata bahasa Arab, astronomi Islam, filsafat Islam, dan logika.

Dan disinilah secara perlahan masjid digunakan sebagai tempat belajar-mengajar (madrasah) yang dianggap sebagai lembaga belajar tertua di dunia.

Berapa biaya kuliah S2 di Al-Azhar?

(Gambar: kwintasi pembayaran dari tahun 2014-2021)

Sheila Ardiana, Salah satu pelajar mesir yang menempuh pendidikan S2 di Al-Azhar membagikan informasi mengenai biaya kuliah ia selama di Al-Azhar. Ia menyebutkan bahwa setiap tahunnya dikenakan pembayaran kisaran 1500le atau Rp. 1,350,000.

"Untuk S2, setiap tahun bayarnya 1500le atau sekitar 1jt350rb." Ujar dalam status facebooknya, minggu (21/02/21).

Menurutnya, jika mendapatkan beasiswa dari al-Azhar maka akan mendapatkan rusum gratis (kuliah tanpa biaya sama sekali). Apalagi jika tinggal di asrama Buuts, maka tidak perlu mengeluarkan kocek serupiah-pun untuk biaya makan dan tempat tinggal. 

$ads={1}

"Jika dapat beasiswa al-Azhar, maka rusumnya gratis alias kuliah tanpa biaya sama sekali. Apalagi jika tinggal di asrama buuts (ga usah mengeluarkan biaya tempat tinggal dan makan). Jika seperti saya dapat beasiswanya dari Bait Zakat Kuwait (beasiswa non Azhar), pernah dengar cerita teman yang mengajukan ke masyakhoh agar dibayarkan al-Azhar, intinya sama bisa kuliah tanpa biaya." Lanjutnya.

Ia menuturkan bahwa Syekh Usama Sayyid al-Azhari pernah berkata bahwa dulu disebutnya 'minhah tafarugh', dapat beasiswa full sehingga seorang pelajar bisa fokus menuntut ilmu tanpa memikirkan keuangan.

Dari informasi yang disampaikan oleh Sheila Ardiana, Biaya kuliah S2 di al-Azhar relatif murah. Namun untuk biaya saat ini mengalami perubahan dan tentunya masih terjangkau dibandingkan biaya S1 di Indonesia.

Tes dan Syarat Masuk Universitas al-Azhar Mesir

Bagi sobat rumah-muslimin yang ingin ikut tes dan mengetahui bagaimana syarat-syaratnya ke Universitas al-Azhar. Sobat bisa mengikuti tes yang diadakan oleh Kementerian agama. Adapun syarat-syaratnya sebagai berikut:

- Mengajukan surat permohonan ke Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI

- Melampirkan surat keterangan bahwa yang bersangkutan telah terdaftar di lembaga pendidikan luar negeri

- Melampirkan surat keterangan KBRI tentang status lembaga pendidikan yang dituju

- Melampirkan surat pengantar dari Kemenag tempat domisili (Kabupaten/Kota)

- Melampirkan biodata lengkap pemohon

- Melampirkan ijazah yang telah dilegalisir dan terdaftar di Kementerian Agama atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan

- Melampirkan foto copy paspor

Setelah itu sobat bisa mengikuti PUSIBA (Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab). Jika lulus tahap-tahapannya baru akan diberangkatkan ke Mesir. Adapun informasinya dapat sobat kunjungi di link berikut: https://pusiba.com/

Oleh: rumah-muslimin.com

Demikian Artikel " Biaya Kuliah S2 di Universitas Al-Azhar Mesir Terbaru "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close