Ilmu Kalam: Pengertian dan Tugasnya

ILMU KALAM: PENGERTIAN DAN TUGASNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Sebuah ilmu tidak dilihat dari sejarahnya atau siapa yang biasa mengajarkannya akan tetapi sebuah ilmu dilihat dari object pembahasannya dengan arti kemuliannya atau pentingnya sebuah disiplin ilmu ditentukan dari apa yang dibahas oleh ilmu tersebut.

Dari sini kita mengetahui bahwa ilmu kalam adalah ilmu yang paling mulia dan paling penting dalam keilmuan islam karena ilmu kalam membahas tentang Allah, Rosul dan Ghoibiyyat yang menjadi inti dalam kehidupan beragama.

Adapun kepentinga ilmu kalam karena ilmu kalam dijadikan landasan dari segala ilmu-ilmu islam  maka ilmu Tafsir tidak akan ada kecuali setelah membuktikan keberadaan Allah dan sifat kalam ,begitu pula ilmu Hadist dan Fiqh tidak mungkin ada kecuali setelah membuktikan kemungkinan mengutus Rosul.

Cuma ironisnya banyak orang masih salah paham tentang ilmu kalam dari banyak aspeknya dan mengatakan bahwa ilmu kalam adalah ilmu debat, filsafat, banyak bicara dll.

Secara umum tugas ilmu kalam terbagi menjadi 3 bagian :

1. Menjelaskan makna-makna aqidah dengan arti ilmu kalam akan menjelaskan makna sifat-sifat Allah, Rosul, Jauhar dll.tugas ini dikenal dengan nama tugas Tasawwuri.

2. Membuktikan kebenaran makna-makna yang sudah dijelaskan pada tugas pertama dengan arti bahwa setelah kita menjelaskan bahwa Allah mempunyai sifat Irodah dan Qudroh maka kita mesti buktikan bahwa ini adalah perkara yang benar denga bukti/dalil yang yaqin.

3. Membuktikan kebathilan Aqidah selain islam dengan arti bahwa setelah kita membuktikan kebenaran Aqidah islam Ahli Sunnah maka ilmu kalam akan masuk fase berikutnya yaitu membatalkan aqidah-aqidah selain islam dan ahli Sunnah agar kebenaran islam menjadi sempurna.

$ads={1}

jika kita melihat 3 tugas inti dari ilmu kalam maka bukankah tugas ini adalah tugas para Nabi dan Rosul?

Kelompok-kelompok yang selalu mendowngrade ilmu kalam seperti Mujassimah Wahhabiyah mempunyai agenda tersendiri dan keuntungan dalam lemahnya ilmu kalam atau Ahli Sunnah.

Wallahu A'lam.

Oleh: Habib Ali Baqir al-Saqqaf

Demikian Artikel " Ilmu Kalam: Pengertian dan Tugasnya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close