Mazhab Para Wali Menghadapi Orang yang Memusuhi

MAZHAB PARA WALI MENGHADAPI ORANG YANG MEMUSUHI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dulu di zaman Imam Abdul Wahhab asy-Sya'rani pernah ada seorang laki-laki dari Ajam (non Arab) yang ingin masuk ke negara Mesir. Tapi orang ini dicegat dan dihadang oleh pemerintah untuk masuk. Dia pun duduk di depan Kubah ad-Dawadar di luar al-Husainiyyah dan ngomel menjelek-jelekkan Imam Abdul Wahhab asy-Sya'rani.

"Salahku apa? Kok dilarang masuk Mesir. Aku dilarang, itu Abdul Wahhab kok ada di tengah-tengah Mesir!"

Lelaki itu selalu ngomel begitu kepada orang-orang yang lewat selama kurang lebih 40 hari.

Syaikh Muhammad ash-Shufi, seorang waliyullah dari Fayyum tidak terima saat tahu ada orang menjelek-jelekkan Imam asy-Sya'rani. Beliau pun memukul lelaki tadi dari jarak jauh, dari Fayyum. Lelaki itu akhirnya mati.

$ads={1}

Beberapa waktu berikutnya saat Syaikh Muhammad ash-Shufi datang ke Mesir, beliau memberitahu Imam asy-Sya'rani kejadian itu.

"Kok bisa kamu sabar menghadapi orang yang memusuhimu? Kalau madzhabku, saya akan memer*ngi orang yang memusuhiku."

Baca juga: Bermazhab Dibalik Kesadaran dan Kegerahan

Beginilah madzhab para wali dalam menghadapi orang yang memusuhinya. Ada yang sabar, seperti Imam asy-Sya'rani. Ada pula yang langsung libasss, kayak Syaikh Muhammad ash-Shufi. Maka berhati-hatilah jika kita memusuhi orang lain. Bisa jadi yang kita musuhi adalah waliyyullah. Bisa jadi dia waliyyullah yang model langsung libasss. Kalaupun dia tipe yang sabar, yakinlah bahwa kualat dengan Ahlu Allah itu ada!.

Oleh: Gus Nanal Ainal Fauz

Demikian Artikel " Mazhab Para Wali Menghadapi Orang yang Memusuhi "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close