Antara Kitab Ghaits al-Mawahib al-'Aliyyah dengan Kitab At-Tanbih

ANTARA KITAB GHAITS AL-MAWAHIB AL-'ALIYYAH DENGAN KITAB AT-TANBIH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Syarah Hikam Karya Imam Ibnu Abbad ar-Rundi Bernama At-Tanbih atau Ghaits al-Mawahib al-'Aliyyah?

Kemarin-kemarin saat posting kitab at-Tanbih, ada dua kawan yang bertanya dengan pertanyaan yang sama:

Apa bedanya kitab at-Tanbih ini dengan kitab Ghaits al-Mawahib al-'Aliyyah yang juga terkenal sebagai Syarah Hikam karya Imam Ibnu Abbad ar-Rundi? Apakah kedua kitab itu sama, atau lain kitab?

Saya jawab, keduanya adalah kitab yang sama.

Hanya saja, penamaan at-Tanbih ini sudah jelas sumbernya. Yaitu Imam Ibnu Abbad sendiri. Setiap kali beliau meng-ihalah kalam yang beliau sebutkan dalam kitab itu, beliau menyebutnya dengan nama kitab "at-Tanbih". Begitu pula Imam Zarruq yang sangat gandrung dengan kitab Hikam Ibn Athaillah as-Sakandari ini hingga menulis puluhan syarah, beliau sering memention nama kitab at-Tanbih pada kitab-kitabnya.

$ads={1}

Dawuh Syaikh Anas asy-Syurafawi dalam muqaddimah tahqiq untuk kitab ini kurang lebihnya:

Adapun nama asli kitab ini adalah at-Tanbih. Kadang ada ulama menukil dari kitab ini dengan menyebut "Syarah al-Hikam al-Athaiyyah", maka itu disebutkan hanya sebagai sifat kitab, bukan nama.

Soal nama Ghaits al-Mawahib al-Aliyyah, komentar Syaikh Anas asy-Syurafawi:

ولا أدري من أين سرى له اسم « غيث المواهب العلية » ! إذ هو على جماله لم يدوّن على أوراق النسخ الخطية التي اعتمد عليها في إخراجه ، ولعل من أظهره بهذا العنوان اللطيف قد وجد هذه العنونة على ظهور بعض ما وقف عليه من المخطوطات ، ومع هذا كنْ على جزم : أن عنوان الكتاب الأصيل لا صلة له بهذه العنونة.

"Saya tidak tahu dari mana penamaan kitab ini dengan nama "Ghaits al-Mawahib al-'Aliyyah". Walaupun namanya indah, tapi tidak disebutkan dalam manuskrip-manuskrip yang dibuat rujukan dalam menerbitkan kitab ini. Mungkin saja orang yang menerbitkannya dengan nama ini menemukannya di cover manuskrip-manuskrip yang dibuat rujukan. Meski demikian, yakinlah bahwa nama asli kitab (at-Tanbih) tidak ada kaitannya dengan penamaan ini (Ghaits al-Mawahib al-'Aliyyah)".

Baca juga: Minhaj At-Thalibin, Bacaan Tukang Sayur Zaman Imam Nawawi

Nama Ghaits al-Mawahib al-Aliyyah ini bagi santri dan kiai Indonesia lebih populer daripada nama at-Tanbih.

Oleh: Gus Nanal Ainal Fauz

Demikian Artikel " Antara Kitab Ghaits al-Mawahib al-'Aliyyah dengan Kitab At-Tanbih "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close