Menunjukkan Kesalehan Demi Mendapatkan Wanita, Bolehkah?

MENUNJUKKAN KESALEHAN DEMI MENDAPATKAN WANITA, BOLEHKAH?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Cinta merupakan sebuah fitrah lahiriyah yang dirasakan oleh setiap orang. Merasakan jatuh cinta merupakan suatu anugerah batiniyah yang perlu dimanage dengan baik agar perasaan yang dimiliki terus dalam koridor-Nya.

Sebagian lelaki melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan perempuan yang ditaksir-nya. Seperti dengan cara pendekatan, chat melalui media sosial dan lain-lain. Lalu bagaimana jika mendekati seorang perempuan dengan menunjukkan kesalehannya? Bagaimana islam memandangnya dalam hal ini?

Menurut Imam al-Ghazali hal ini termasuk jenis riya. Sebagaimana yang dijelaskan dalam kitabnya Iḥyā’ ‘Ulūmiddīn juz 3 hlm 304:

al-Gazzālī berkata, 

«أن يكون غرضه نيل حظ مباح مِنْ حُظُوظِ الدُّنْيَا مِنْ مَالٍ أَوْ نِكَاحِ امرأة جميلة أو شريفة كالذي يظهر الحزن والبكاء ويشتغل بالوعظ والتذكير لتبذل له الأموال ويرغب في نكاحه النساء فيقصد إما امرأة بعينها لينكحها أو امرأة شريفة على الجملة وكالذي يرغب أن يتزوج بنت عالم عابد فيظهر له العلم والعبادة ليرغب في تزويجه ابنته». «إحياء علوم الدين» (3/ 304)

Artinya,

“(termasuk riya’ adalah saat) tujuannya adalah memperoleh keuntungan duniawi yang mubah seperti harta, wanita cantik, dan wanita mulia. Misalnya menampakkan kesedihan, tangisan, sibuk memberi nasihat dan peringatan agar mendapatkan harta atau menikahi wanita.  Jadi, dia menarget wanita tertentu untuk dinikahi atau wanita mulia secara umum. Juga seperti orang yang ingin menikahi putri ulama ahli ibadah lalu dia menunjuk-nunjukkan ilmu dan ibadahnya agar sang ulama berminat menikahkannya dengan putrinya” (Iḥyā’ ‘Ulūmiddīn juz 3 hlm 304)

$ads={1}

Dalam beramal soleh, Jalankanlah segala sesuatunya dengan ikhlas karena Allah ta'alaa. Jangan pernah memiliki niat lain yang dapat merusak pahala amalan yang telah kita kerjakan. Apalagi amalan yang kita kerjakan rusak karena penyakit hati, sungguh sangat merugi dan sia-sia.

Apabila suka kepada seseorang, maka beranikan diri untuk mengajak ta'aruf, jika belum mampu melakukan hal tersebut berdoa-lah kepada Allah Swt agar mendapatkan petunjuk. Itulah ikhtiar yang perlu dilakukan. Pisahkan antara ibadahmu dengan duniamu, jangan dicampur adukkan agar nilai ibadahmu sempurna di sisi Allah Swt.

Oleh: rumah-muslimin

Demikian Artikel " Menunjukkan Kesalehan Demi Mendapatkan Wanita, Bolehkah? "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close