Minnah Dalam Islam

MINNAH DALAM ISLAM

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Minnah adalah dimana seseorang mengungkit-unkit kebaikan yang pernah dia lakukan secara umum yang mana minnah adalah sesuatu yang dianggap membakar pahala pada islam kecuali dalam beberapa kondisi saja, bahkan syari'at menjadikan potensi Minnah dari seseorang walaupun orang terdekatnya sebagai penghalang dari beberapa hukum syari'at seperti kewajiban berhaji.

Seperti jika anak memberi biaya kepada orang tuanya untuk berangkat Haji maka oramg tua tidak wajib untuk menerimanya karena takut diungkit-ungkit oleh sang anak apalagi jika biaya Haji dari orang lain selain anak dan masih banyak masalah-masalah lain dalam Fiqh yang memgambil berat masalah minnah ini.

$ads={1}

Mulai dari kewajiban berwudhul dll akan tetapi syari'at mengecualikan beberapa masalah yang boleh melakukan praktek Minnah diantaranya adalah Allah kepada Hambanya, Nabi kepada Ummatnya, Orang tua kepada Anaknya dan Guru kepada muridnya dengan arti diperbolehkan dalam 4 kasus ini untuk mengungkit-ungkit nikmatnya seperti apa yang Allah lakukan kepada Bani Isroil yang diabadikamln pada banyak Ayat dalam al-Quran.

Wallahu A'lam

Oleh: Habib Ali Baqir al-Saqqaf

Demikian Artikel " Minnah Dalam Islam "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close