Syekh Saeed Fodah dan Para Penuntut Ilmu

SYEKH SAEED FODAH DAN PARA PENUNTUT ILMU

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Syeh Saeed foda selalu memberikan perhatian khusus bagi para penuntut ilmu kapanpun dan dimanapun beliau berada karena itu beliau akan sealalu dikelilingi oleh para penuntut ilmu dimanapun dan dalam kesempatan apapun.

Beliau pernah bercerita ketika belia mengambil degree ( S1) di UJ University of Jordan kampus No-1 di Jordan ketika dalam masa-masa berehat antara kelas dan beliau duduk di taman maka pada kesempatan tersebut beliau pasti dikelilingi para penuntut ilmu mulai dari istifadah, bertanya soalan, berdiskusi bahkan sampai berdebat dengan para pelajar UJ sendiri bahkan sampai orang dari luar kota pun datang untuk berdiskusi dengan beliau pada saat itu.

Saya secara pribadi sangat terinspirasi dengan cara-cara beliau dalam mendahulukan para penuntut ilmu dan sabar atas tingkah laku mereka.( sekarang pun saya merasakan itu dari murid-murid saya juga.he5)

Dulu ketika kami belajar kitab Arba'in fi Ushuliddin karangan al-Imam Rozy setiap  2 jam sebelum sholat jum'at sampai azan jum'at dan kelas tersebut diadakan di rumah salah seorang Ahbab beliau dan penuntut ilmu senior dan juga imam serta khotib jum'at disebelah rumah beliau sendiri jadi senang sikit nak sholat jumat.bahkan setelah sholat jum'at masih ada sesi diskusi dengan syeh Saedd di masjid (hi5)

Ketika kami sudah siap untuk kelas dan Syeh Saeed dah datang  kami mengetuk pintu 3 kali tapi masih tidak dibukakan pintu maka Syeh Saeed melarang kita untuk mengetuk pintu dan menyuruh kita untuk keMasjid Hadaiq Husen untuk hadir kelas beliau dalam Tafsir Mafatihul Ghoib dan melarang kami untuk mengungkit-ungkit masalah ini.

$ads={1}

Esoknya ketika berjumpa saya tidak melihat ada Raut muka marah dari Syeh Saeed kepada orang yang tidak membukakan pintu tersebut dan malah bercanda serta ketawa-ketiwi pada masalah lain.

Pernah juga beliau kedatangan sekelompok pelajar dari Kuwait ( kalau tak salah) untuk daurah dengan beliau satu kitab dalam ilmu kalam dan melihat kesungguhan mereka maka Syeh Saeed menyetujuinya kemudian mereka sepakat kelas akan diadakan pada pagi hari pukul 9 pada hari Ahad.

Pada malam Ahad para penuntut ilmu ini tidur lambat dan ketika pagi haripun bangun lambat sampai ketika syeh Saaeed datang ke Sakan mereka tidak dibukakan pintu maka pada saat itu syeh Saeed sangat santai sekali beliau pulang dan esoknya beliau datang lagi ke sakan anak-anak kuwait.

Saya kira beliau akan Marah akan tetapi hanya ada Nasehat ringan dari beliau bahwa penuntut ilmu mestilah bisa menjaga waktunya.hal-hal seperti ini bukan hanya ada pada beliau bahkan pada murid-murid beliau yang senior seperti syeh muhammad Akrom Abu ghousy, Syeh Bilal Annajar, Syeh Usman Annabulsi dan Syeh Ahmad al-hasanat pun ada hal semacam ini yang saya dapatkan ketika saya belajar dengan mereka.

Semoga Syeh Saeed dan para Murid-murid diberi kesabaran dalam menjaga Aqidah Ahli Sunnah wal Jama'ah.

Amin ya Robbal A'lamin.

Oleh: Habib Ali Baqir al-Saqqaf

Demikian Artikel " Syekh Saeed Fodah dan Para Penuntut Ilmu "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close