Pandangan Adalah Wujud Kesempurnaan Cinta

PANDANGAN ADALAH WUJUD KESEMPURNAAN CINTA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Diceritakan oleh Syekh Ali As-Shobuni dalam kitabnya Shofwah At-Tafasir bahwasanya setelah Kalimullah Nabi Musa عليه السلام mendengar dan merasakan indahnya Kalam Allah dalam munajatnya, timbullah hasrat rindu untuk menyempurnakan keindahan itu agar bisa memandang dzat Allah yang Maha Agung, sehingga Nabi Musa عليه السلام berdoa agar bisa melihat-Nya. Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an Surah Al-A'rof:43 yang berbunyi:

ولما جاء موسى لميقتنا وكلمه ربه قال رب أرني أنظر إليك

Hal ini senada dengan sebuah syair yang berbunyi:

وأفرح ما يكون الشوق يوما ... إذا دنت الديار من الديار

Puncak kebahagiaan rasa rindu adalah ketika bisa berujung perjumpaan dan kebersamaan.

Sehingga tidak heran kalau yang menjadi puncak kenikmatan yang paling disenangi penduduk surga adalah bisa melihat Allah sebagaimana hal ini menjadi tafsir dari lafadz زيادة dalam ayat 36 Surah Yunus:

للذين  أحسنوا الحسنى وزيادة 

Yang bisa kita pahami bahwa penyebutan kata khusus setelah kata umum menunjukkan adanya sebuah keistimewaan yang khusus.

$ads={1}

Cinta yang disertai dengan sebuah pandangan dan perjumpaan adalah hal yang lumrah terjadi. Akan tetapi, hal yang menakjubkan adalah apabila ketiadaan sebuah perjumpaan tak mampu menghalangi sebuah cinta yang dalam sebagaimana cinta ummat Nabi Muhammad yang belum pernah menjumpainya.

ليس العجب ممن رأى النبي صلى الله عليه وسلم وأحبه ولكن العجب ممن أحبه ولم يره

Bukan hal yang menakjubkan apabila ada seseorang berjumpa dengan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم lalu sangat mencintainya, akan tetapi yang menakjubkan adalah seseorang yang sangat mencintainya namun belum pernah berjumpa dengannya.

Terlebih kalau kita arahkan pandangan mata ini kepada seorang alim dalam sebuah majlis ilmu sebagai bentuk cinta sebagaimana Habib Ali Al-Jufry pernah menyampaikan bahwa mengaji itu bukan hanya sekedar mendengarkan ilmu, akan tetapi juga ada cahaya dan barokah dari pandangan dan tiap hela nafas dari seorang alim.

اللهم ارزقنا حب العلم وأهله ومجالستهم آمين

Oleh: Ustadz Saifurrijal

Sumber: Bent Hasan

Demikian Artikel " Pandangan Adalah Wujud Kesempurnaan Cinta "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close