Penduduk Madinah Adalah Tetangga Rasulullah

PENDUDUK MADINAH ADALAH TETANGGA RASULULLAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Para ulama, berpendapat bahwa hendaknya kita "menghormati" penduduk Madinah, walaupun mereka melakukan hal-hal bid'ah atau kefasikan yang lain, dikarenakan hak jiwar (bertentangga) mereka dengan Baginda Nabi shallallahu'alaihi wa sallam. 

Mereka orang-orang Madinah adalah para tetangga Rasulullah. Sebagaimana layaknya tetangga, jika ada apa-apa dengan Rasulullah dan Masjid Nabawi, maka merekalah yang pertama kali akan bergerak dan menolong. 

$ads={1}

Maka hendaknya ketika kita sampai di Madinah, bersikap sopanlah kepada penduduk Madinah. Meskipun mereka berbeda manhaj dengan kita. 

Imam Ibnu Hajar menulis,

صرح العلماء بِأنَّهُ يَنْبَغِي إكرامُ سكان بَلَده ﷺ وإن تحقق مِنهُم ابتداع أو نَحوه رِعايَة لحُرْمَة جواره الشريف، فَما بالك بذريته الَّذين هم بضعَة مِنهُ. 

الصواعق المحرقة لابن حجر الهيتمي، ٢\٥٠٨

Tentu bid'ah mereka harus kita tolak dan tidak kita setujui, tapi kita tetap harus memuliakan mereka, karena mereka termasuk tetangga-tetangga Baginda Nabi shallallahu'alaihi wa 'ala alihi wa sallam.

Kesimpulan

Imam Ibnu Hajar merupakan tokoh ulama besar dan menjadi rujukan pada zamannya, ia memiliki lebih dari 150 kitab karya buatannya sendiri, salah satu kitab yang paling terkenal yaitu fathul bari, kitab yang menjadi pembelajaran di pesantren-pesantren di Indonesia saat ini.

Imam Ibnu Hajar bermanhaj ahlusunnah wal jama'ah, bermazahb syafi'i dan berakidah asy'ariyyah. Adapun Bid'ah yang dimaksud oleh Imam Ibnu Hajar tidak diketahui persis bid'ah seperti apa. Namun beberapa ulama mengatakan bid'ah yang dimaksud merupakan bid'ah yang menyelisihi al-qur'an dan as-sunnah.

Oleh: EL Mujtaba II

Editor: rumah-muslimin

Demikian Artikel " Penduduk Madinah Adalah Tetangga Rasulullah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close