Seleksi Petugas Haji 1445 H: Posisi, Tahapan, Waktu dan Penilaian

SELEKSI PETUGAS HAJI 144 5 H (2024): POSISI, TAHAPAN, WAKTU DAN PENILAIAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM | BERITA ISLAM NASIONAL - Kementerian Agama (Kemenag) RI baru saja mengeluarkan Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 354 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi. Dalam keputusan tersebut dijelaskan langkah-langkah, jadwal, dan tahapan seleksi petugas haji tahun 1445 H.

Proses seleksi terdiri dari dua tingkatan. Pertama, tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Kedua, tingkat pusat. Untuk tingkat provinsi dan kabupaten/kota, terdapat dua tahap seleksi, yaitu seleksi PPIH Arab Saudi dan seleksi PPIH Kloter di Kantor Wilayah dan Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota. Seleksi ini meliputi seleksi administrasi dan seleksi kompetensi melalui Computer Assisted Test (CAT) secara online real-time.

"Tahap kedua, seleksi PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter tahap kedua dilaksanakan pada Kantor Wilayah yang meliputi seleksi kompetensi melalui Computer Assisted Test (CAT) secara online real-time dan wawancara pendalaman bidang tugas," seperti yang dikutip dari NU Online, Selasa (12/5/2023).

Sementara itu, seleksi PPIH Arab Saudi tingkat pusat meliputi seleksi administrasi, seleksi kompetensi melalui CAT secara online real-time, dan wawancara pendalaman bidang tugas.

Waktu seleksi melalui CAT terdiri dari 4 poin yang telah ditentukan, yaitu:

1. Seleksi tahap pertama tingkat Kantor Wilayah/Kabupaten/Kota selama 90 menit dengan jumlah soal setiap bidang tugas sebanyak 100 soal.

2. Seleksi tahap kedua tingkat Provinsi selama 90 menit dengan jumlah soal setiap bidang tugas sebanyak 100 soal.

3. Pelaksanaan seleksi tingkat Pusat selama 90 menit dengan jumlah soal setiap bidang tugas sebanyak 100 soal.

4. Jika terjadi kendala pada aplikasi Computer Assisted Test (CAT), dapat diganti dengan soal manual sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

Penilaian terdiri dari dua tahap. Tahap pertama meliputi penilaian kelengkapan administrasi dan penilaian administrasi dengan bobot 40 persen. Penilaian administrasi mencakup pendidikan terakhir, masa kerja sebagai ASN, dan pegawai pada bidang/unit kerja yang melaksanakan tugas dan fungsi Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

"Penilaian Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 60 persen meliputi: Wawasan Kebangsaan, Regulasi, Moderasi Beragama, Manasik Haji, Tugas dan Fungsi, dan Psikologi," seperti yang dikutip dari juknis.

Sementara itu, untuk tahap kedua, penilaian meliputi wawancara pendalaman bidang tugas dengan bobot 60 persen dan penilaian CAT dengan bobot 40 persen. Penilaian wawancara meliputi baca dan tulis Al-Qur'an, pemahaman layanan jamaah haji, pengalaman tugas di bidang penyelenggaraan ibadah haji, problem solving layanan jamaah haji, integritas petugas haji (disiplin/komitmen), dan loyalitas petugas haji.

Penilaian CAT meliputi wawasan kebangsaan, regulasi, moderasi beragama, manasik haji, dan kompetensi/tugas dan fungsi.

$ads={1}

Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi 1445 H/2023

Berikut adalah jadwal pelaksanaan rekrutmen PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi Tahun 1445 H berdasarkan surat Dirjen PHU:

- 5 Desember 2023: Pengumuman pelaksanaan seleksi PPIH Kloter dan Arab Saudi Tahun 1445H/2024M

- 7 sd 17 Desember 2023: Pendaftaran seleksi PPIH tingkat kabupaten/kota

- 21 Desember 2023: Seleksi CAT tahap pertama tingkat kabupaten/kota

- 22 Desember 2023 (pukul 23.59 WIB): Batas akhir input peserta yang berhak mengikuti seleksi tahap kedua tingkat provinsi

- 23 Desember 2023: Pengumuman peserta yang berhak mengikuti seleksi di tingkat provinsi

- 28 Desember 2023: Seleksi CAT dan wawancara tingkat provinsi

- 11 Januari 2024: Pengumuman hasil seleksi tingkat provinsi

Baca juga: Badal Haji: Hukum, Pengertian, Tata Cara dan Pendapat Ulama

Posisi-posisi Rekrutmen Petugas Haji 1445 H

Kementerian Agama mengadakan rekrutmen dan seleksi Petugas Haji untuk tahun 1445 H yang dimulai pada tanggal 5 Desember 2023. Rekrutmen ini bertujuan untuk mencari calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang memenuhi syarat dan kualifikasi untuk ditempatkan di berbagai posisi yang dibutuhkan.

Proses rekrutmen ini diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 350 Tahun 2023 tentang Pedoman Rekrutmen Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan Pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji. Dalam keputusan tersebut, terdapat 3 bidang petugas yang akan direkrut, yaitu:

1. Bidang Layanan PPIH Pusat dan Pendukung PPIH Pusat, 
2. Bidang Layanan PPIH Arab Saudi dan Pendukung PPIH Arab Saudi, serta 
3. Bidang Layanan PPIH Embarkasi dan Pendukung PPIH Embarkasi.

Untuk Bidang Layanan PPIH Pusat dan Pendukung PPIH Pusat, paling tidak akan direkrut 10 bidang layanan yang beragam. Bidang layanan tersebut meliputi 

1. kesekretariatan
2. koordinasi layanan dalam negeri
3. koordinasi petugas haji dan bimbingan ibadah jemaah
4. koordinasi layanan luar negeri, 
5. koordinasi keuangan haji dan Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT)
6. koordinasi pengawasan ibadah haji khusus
7. koordinasi layanan kesehatan
8. koordinasi pelindungan jemaah dan petugas,
9. hubungan masyarakat dan informasi haji, serta 
10. pemantauan dan evaluasi.

Selain itu, rekrutmen ini juga membuka kesempatan bagi mereka yang ingin terlibat dalam penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi. Bidang Layanan PPIH Arab Saudi dan Pendukung PPIH Arab Saudi juga membutuhkan tenaga-tenaga yang handal dan siap bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji. Bidang Layanan PPIH Embarkasi dan Pendukung PPIH Embarkasi akan merekrut petugas untuk 15 layanan diantaranya yaitu:

1. kesekretariatan
2. penerimaan dan pemberangkatan jamaah
3. kesehatan
4. konsumsi
5. dokumen
6. akomodasi
7. perbekalan
8. Pembinaan jemaah dan petugas
9. SISKOHAT
10. keamanan
11. penerbangan
12. imigrasi
13. layanan jamaah lanjut usia dan penyandang disabilitas
14. bea dan cukai; dan 
15. hubungan masyarakat.

Jika kamu memiliki minat dan kualifikasi yang sesuai, segera daftarkan dirimu untuk mengikuti seleksi Petugas Haji 1445 H. 

(Rumah Muslimin/Hendra Setiawan)
Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close